Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Berikut ini cara mengencilkan perut buncit secara alami:

Mengurangi asupan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang rendah tetapi tinggi kalori. Beberapa contoh sumber karbohidrat olahan seperti roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis.  Penelitian juga mengaitkan konsumsi karbohidrat olahan dengan pengembangan lemak perut.

Jadi, sebagai cara mengecilkan perut buncit, cobalah mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks, seperti terkandung dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum. 

Mengonsumsi makanan rendah kalori

Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif adalah makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Strategi ini sebetulnya ditujukan untuk menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan.  Dengan menghilangkan lemak tubuh, kita juga bisa mengupayakan hilangnnya lemak perut. Makan lebih sedikit kalori daripada yang digunakan tubuh membuat kita menciptakan defisit kalori.  Defisit kalori membantu membakar lemak viseral dan subkutan berlebih.

Pilihlah makanan padat nutrisi. Artinya, memiliki kalori rendah tetapi mengandung nutrisi berlimpah. Beberapa contoh makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum utuh.  Cara mengolah makanan juga menentukan jumlah kalori yang kita asup. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak dan pilihlah opsi pengolahan makanan yang lebih sehat, seperti dipanggang atau direbus.

Pilih protein tanpa lemak 

Konsumsi sumber protein tanpa lemak juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit. Beberapa sumber protein tanpa lemak termasuk kacang-kacangan, legume, dan daging tanpa lemak.  Menambah sumber protein tanpa lemak ke dalam pola diet harian kita juga bisa membantu lebih cepat kenyang, sehingga kita tidak akan mudah kelaparan atau meraih camilan tidak sehat. 

Selain itu, sumber protein tanpa lemak juga membantu mengeliminasi konsumsi daging berlemak, seperti daging sapi dan daging olahan. 

Konsumsi lemak sehat

Tak semua lemak jahat. Kita masih membutuhkan lemak sehat. Namun, tidak semua sumber lemak sama. Lemak jenuh dan lemak trans dapat membahayakan jantung dengan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.  Sumber lemak jenuh dan lemak trans juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan berkaitan erat dengan perkembangan lemak viseral. 

Sementara konsumsi lemak sehat dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan memiliki berbagai manfaat, sehingga dapat menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit.  Beberapa makanan tinggi lemak yang sehat meliputi alpukat, biji chia, telur, kacang dan selai kacang, serta minyak zaitun. 

Tanggal akses : Rabu, 22 September 2021 | 04:30 WIB

Penulis : Barratut Taqiyyah Rafie

Sumber : https://kesehatan.kontan.co.id