Rutin Minum Rabusan Kayu Secang, Menyimpan Berbagai Manfaat Lho!!!

Kayu secang merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak di kenal luas oleh masyrakat Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mengonsumsi rebusan kayu secang dapat mengatasi masalah kesehatan berikut ini:

Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan dan antikanker dalam kayu secang dinilai mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Manfaat kayu secang yang satu ini dapat ditunjang dengan menjalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, kelola stres dengan baik, rutin berolahraga, serta berhenti merokok. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat kayu secang terhadap penyakit kanker. 

Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Manfaat kayu secang selanjutnya adalah membunuh bakteri penyebab penyakit. Manfaat kayu secang yang satu ini dapat diperoleh dari sifat antibakteri di dalamnya. Beberapa jenis bakteri yang dapat diatasi menggunakan minuman herbal ini, seperti bakteri SalmonellaStreptococcus, dan E. coli.

Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Mengonsumsi air rebusan kayu secang mampu mengontrol sekaligus menurunkan gula darah dalam tubuh. Jika gula darah dalam tubuh sudah terkontrol dengan baik, risiko diabetes tipe 2 dapat diturunkan. Manfaat kayu secang yang satu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin.

Mengatasi Peradangan pada Tubuh

Ekstrak kayu secang yang dikonsumsi dinilai mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada otot dan sendi dalam tubuh.

Tanggal akses : 15 Oktober 2021

Penulis : dr. Rizal Fadli

Sumber : https://www.halodoc.com