Ragam Manfaat Teh Daun Jati Cina Untuk Kesehatan

Akhir-akhir ini banyak teh daun jati dijual untuk diseduh maupun berbentuk kapsul untuk dikonsumsi sebagai jamu. Teh daun jati dipercaya memiliki efek laksatif yang bermanfaat untuk menangani konstipasi dan menurunkan berat badan.

Teh daun jati cina cukup aman jika dikonsumsi dalam dosis rendah. Selain itu, teh daun jati juga terbukti memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat teh daun jati cina untuk kesehatan.

Menurunkan berat badan

Teh daun jati cina terbukti meningkatkan sekresi usus sehingga mengurangi penyerapan oleh usus dan bisa membuat turunnya berat badan. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, ini bisa mempengaruhi fungsi normal usus dan berbahaya bagi kesehatan. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan bukanlah dengan mengonsumsi laksatif.

Namun, cara yang terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup lebih sehat dan konsumsi makanan-makanan yang tinggi serat.

Menurunkan kolesterol

Teh daun jati cina terbukti bisa menurunkan kaar kolesterol dalam darah. Mekanisme kerjanya adalah dengan sifat laksatif yang ada pada teh daun jati cina. Sifat ini membuat makanan berada di dalam usus dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan eliminasi lemak, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengatasi konstipasi

Teh daun jati terbukti meningkatkan aktivitas usus sehingga bisa mengatasi konstipasi. Pada kebanyakan orang, efek laksatif ini akan terasa 6-12 jam setelah mengonsumsi teh daun jati.

Tanggal akses : 15/05/2021, 17:31 WIB

Penulis : Nadia Faradiba

Sumber : https://www.kompas.com