Menu Sehat Untuk Ibu Hamil

Pilihan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi selama kehamilan, baik jenis maupun jumlah, memang perlu diperhatian. Apalagi, kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan misalnya, jumlah kalori yang dikonsumsi umumnya tidak perlu ada penambahan. Namun saat memasuki trimester kedua dan ketiga, asupan kalori yang dibutuhkan dapat bertambah mencapai 340-450 kalori per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan ini, ibu hamil perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti:

Bayam

Bayam baik dikonsumsi selama masa kehamilan, khususnya untuk ibu hamil muda, karena mengandung asam folat.  Asam folat merupakan nutrisi penting yang diperlukan pada awal kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir seperti anensepali dan spina bifida. Tak hanya itu, asam folat juga berperan dalam mencegah risiko terjadinya persalinan prematur dan preeklamsia.

Jeruk

Makanan bergizi untuk ibu hamil berikutnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah jeruk. Buah ini kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat. Hampir 90 persen kandungan di dalam buah jeruk adalah air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi selama kehamilan.

Sementara, kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan saraf tulang belakang pada janin, sehingga mencegah janin terlahir cacat.

Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan bergizi tinggi untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan vitamin A. Mencukupi kebutuhan vitamin A selama hamil sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin.

Selain dari ubi, vitamin A juga dapat diperoleh dari labu bayam, kangkung, mangga, labu kuning, susu tanpa lemak, hingga suplemen. Bagi yang mengonsumsi suplemen, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kandungan agar dosis yang dikonsumsi tidak berlebih. Sebab jika dikonsumsi secara berlebih, vitamin A dapat menyebabkan kecacatan janin.

Buah kering

Buah kering mengandung serat, kalori, dan berbagai vitamin serta mineral yang tinggi. Satu buah kering biasanya mengandung jumlah nutrisi setara dengan buah segar, meski tanpa kandungan air dan bentuk yang lebih kecil.

Ada banyak buah kering yang dapat bermanfaat untuk kesehatan, misalnya kismis, kurma, nanas, jujube, dan buah ara. Salah satu yang mudah didapatkan dan baik untuk ibu hamil adalah kurma. Kurma memiliki kandungan serat, potasium, dan zat besi. Konsumsi kurma secara teratur di trimester ketiga membantu pelebaran serviks dan menurunkan risiko induksi pada saat persalinan.

Meski demikian, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah kering lebih dari satu sajian setiap kali makan. Alasannya karena buah kering mengandung gula yang tinggi.

Minum air putih yang cukup

Air merupakan salah satu hal yang harus banyak dikonsumsi selama hamil. Pasalnya, volume darah ibu hamil akan meningkat sebnyak 45 persen dbandingkan sebelumnya. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih tidak kurang dari 2,3 liter per hari.

Ini penting untuk dilakukan agar kesimbangan cairan tubuh tetap terjaga sehingga terhindar dari dehidrasi. Minum air putih yang cukup juga dapat membantu mencegah ibu hamil terkena sembelit dan infeksi saluran kemih.Asupan cairan juga bisa Bumil peroleh dari aneka buah dan sayuran, seperti lobak.

Namun untuk mengonsumsi makanan, makanan di atas harus juga berkonsultasi dengan dokter ahli.

Tanggal akses :  13 September 2020

Penulis : dr. Meva Nareza

Sumber : https://www.alodokter.com