Manfaat Labu Kuning

Labu kuning adalah salah satu jenis buah dengan segudang manfaat kesehatan. Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara yang masih satu kerabat dengan melon dan mentimun. Kalau di Indonesia, buah yang satu ini sering dicari saat bulan puasa untuk diolah menjadi kolak. 

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam labu kuning bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dalam analisis 22 penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi beta karoten memiliki risiko katarak yang jauh lebih rendah. Labu kuning juga merupakan salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik, dua senyawa yang mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. 

Menyehatkan Jantung

Labu kuning tinggi potasium, vitamin C dan serat yang telah dikaitkan dengan manfaat jantung. Antioksidan dalam labu juga dapat mengurangi kandungan kolesterol LDL atau kolesterol kahat dari oksidasi. Ketika partikel kolesterol LDL teroksidasi, partikel ini dapat menggumpal di sepanjang dinding pembuluh darah, sehingga membatasi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Labu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A yang terkandung didalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Labu kuning juga tinggi vitamin C, yang telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih efektif dan membuat luka lebih cepat sembuh. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin E, zat besi, dan folat yang telah terbukti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tanggal akses : 22 Juli 2021

Penulis : dr. Rizal Fadli 

Sumber : https://www.halodoc.com