Manfaat Kembang Kol atau Brokoli Putih Untuk Kesehatan

Kembang kol memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium, isothiocyanate (termasuk senyawa sulfur) dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan dini dapat memperbaiki jaringan tubuh serta membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah beragam manfaat kembang kol bagi tubuh.

Menurunkan risiko kanker

Tidak hanya brokoli yang bisa membantu Anda dalam menurunkan risiko kanker, kembang kol juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari kanker. Kembang kol mengandung fitonutrien, antioksidan, sulforaphane, dan indole-3-cardinol yang bisa membantu menurunkan risiko kanker.

Meningkatkan kekuatan tulang

Di dalam 100 gram kembang kol, setidaknya terdapat sekitar 15% kandungan vitamin K. Kandungan vitamin K tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan kepadatan tulang, sehingga diharapkan dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Menurunkan berat badan

Jika ingin memiliki tubuh ramping atau memiliki berat badan sehat, kembang kol bisa menjadi solusinya. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, kembang kol merupakan pilihan asupan yang tepat dalam diet Anda.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kembang kol tidak hanya kaya akan serat, tapi sayuran ini juga mengandung air. Kedua kandungan ini dikenal baik untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu masih banyak manfaat yang terkandung di dalam kembang kol. Cara mengolah kembanvg kol jadi masakan juga sangat mudah. Berikut ini adalah cara mengolah kembang kol menjadi masakan yang sedap.

Bahan-bahan:

  • 1 kembang kol besar
  • 1 buah jeruk lemon, peras
  • 2 sendok makan (sdm) minyak zaitun
  • Bawang merah, secukupnya
  • Daun bawang, secukupnya, iris tipis
  • 1 sdm air putih
  • ¼ sendok teh (sdt) garam
  • ¼ sdt lada

Cara membuat:

  1. Pertama, potong-potong kembang kol kemudian kukus sekitar 4 menit. Sisihkan.

2. Panaskan minyak zaitun di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan daun bawang bersama garam dan perasan jeruk lemon sampai harum.

3. Masukkan potongan kembang kol, lalu tambahkan air, garam, dan lada segar secukupnya ke dalam penggorengan. Tumis sampai matang dalam suhu sedang. Jika sudah sesuai kematangan yang di inginkan maka angkat dan sajikan.

Tanggal akses : 21 Desember 2018

Penulis : dr. Allert Benedicto Ieuan Noya

Sumber : https://www.alodokter.com