Manfaat Jamur Dan Cara Aman Mengonsumsinya

Ada banyak varian jamur. Beberapa aman dikonsumsi manusia dan masuk ke ranah kuliner. Namun sebagian jenis lagi, justru menjadi racun jika dikonsumsi. Menyebabkan mual, muntah, hingga menyebabkan kematian.

Dalam 80 gram jamur, didapatkan 6 Kcal, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 0,2 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 302 gram potasium dan 32 mcg folat. Ukuran 80 gram jamur ini setara dengan 14 buah jamur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan jamur:

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengutip dari WebMD, jamur mengandung potasium dalam level cukup tinggi. Dan potasium adalah properti yang bisa menetralkan sodium dalam darah dan sel. Jadi ketika Anda mengonsumsi jamur, potasium dalam jamur bisa mengurangi tekanan darah sehingga bisa menjaga tekanan darah tetap rendah atau normal.

Sumber vitamin D

Jamur adalah bahan pangan non hewani yang bisa dijadikan sumber vitamin D. Pada masa pertumbuhannya, jamur akan terpapar sinar ultraviolet dari matahari juga cahaya lampu dan membuat jamur meningkatkan kandungan vitamin D-nya. Untuk mendapatkan jumlah vitamin D cukup tinggi, letakkan saja jamur di bawah sinar matahari selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, baru diolah dan dikonsumsi. Baca juga: Bisa Berbahaya, Ini Cara agar Tak Konsumsi Vitamin D Berlebihan

Mendongkrak sistem imun

Antiperadangan pada jamur sudah terbukti efektif digunakan mendongkrak kekuatan sistem imun tubuh. Dalam sebuah penelitian didapatkan kesimpulan jika jamur bisa memicu makrofaga, sel pada jaringan yang berasal dari darah putih, yang ada pada sistem imun. Makrofaga sendiri bekerja melawan penyakit dan meminimalkan risiko tubuh terkena penyakit serius.

Tidak semua jamur dapat di konsumsi. Karena ada beberapa janis jamur yang memiliki kandungan racun, ADa yang sampai dapat menyebabkan kematian. Maka, sebaiknya konsumsi jamur yang sudah di jual di pasar saja.

Jangan langsung mengonsumsi jamur yang tumbuh liar di pekarangan. Cermati dulu bentuknya, cari tahu apa nama varietasnya dan cari tahu apakah jamur tersebut layak konsumsi atau tidak.

Untuk meminimalkan risiko, jangan mengonsumsi jamur mentah yang Anda temukan di lahan liar. Setidaknya, masak dulu jamur agar senyawa-senyawa yang mungkin membahayakan tubuh bisa sedikit hilang karena pengaruh suhu panas. Beberapa jamur memiliki efek halusinasi, menyebabkan kelemahan otot, memicu mual dan muntah, juga sakit kepala.

Tanggal akses : 14/12/2021, 10:30 WIB

Penulis : Inten Esti Pratiwi

Sumber : https://www.kompas.com