Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

Daun suji merupakan salah satu tumbuhan yang dikenali sebagai sumber klorofil yang baik. Daun suji memiliki daun berwarna hijau gelap berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan.

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari konsumsi daun suji adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. Anda juga akan terlindungi dari banyak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Mengobati masalah paru-paru

Menurut Jurnal Widya Biologi, manfaat daun suji untuk kesehatan selanjutnya adalah bahan obat penyakit dalam seperti paru-paru. Caranya adalah ambil sembilan helai daun suji muda, kemudian ditumbuh dan diperas. Air perasannya dicampur dengan air panas sebanyak 1 gelas dan diminum 3 kali sehari.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi daun suji sebagai terapi tambahan untuk kondisi yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan manfaat daun suji dengan aman.

Mengatasi masalah pernapasan

Sebagai obat tradisional, air perasan daun suji banyak digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, terutama batuk. Selain itu, air perasan ini juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru, terutama pada penderita asma dan pasien yang mengalami sesak napas, bahkan penyakit tuberkulosis (TBC).

Menurunkan risiko preeklampsia

Kandungan magnesium adalah salah satu komponen klorofil yang banyak terdapat pada daun ini. Meskipun Anda tidak mengalami preeklampsia atau eklampsia, konsumsi tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Tanggal akses : Selasa, 21 September 2021 | 09:42 WIB

Penulis : Helvana Yulian

Sumber : https://www.momsmoney.id