Manfaat Daun Babadotan

Daun Babadotan kerap dimanfaatkan pengobatan tradisional, tetapi beberapa pengobatan menggunakan menggunakan bunga dan akar. Babadotan ini dapat dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Manfaat daun babadotan bisa digunakan untuk mengobati pendaharan, sakit kepala hingga asam urat. Adapun manfaat daun babadotan antara lain.

Turunkan Kadar Gula

Ekstrak air daun babadotan telah diuji aman DNA ampuh untuk pasien diabetes. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan terhadap hewan diabetes yang diberikan ekstrak air babadotan. Hewan tersebut mengalami penuran kadar gula darah setelah di berikan ekstrak.

Cegah Anemia

Untuk mencegah anemia, ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus yang diberikan ekstrak daun babadotan untuk menguji pengaruh obat terhadap darah. Nigerian Journal of Physiological Sciences mengungkap hasil menunjukkan ekstrak daun ini memberikan peningkatan yang signifikan terhadap limfosit. Ini membuktikan bahwa ekstrak daun babadotan dapat mengobati penyakit anemia.

Atasi Sakit Gigi dan Demam

Ekstrak daun dan bunga dari babadotan telah diuji dan digunakan sebagai pengobatan tradisional di Kamerun untuk mengatasi sakit gigi.

Selain itu, ekstrak daun dan akar babadotan telah digunakan di berbagai negara seperti India, Brazil, Vietnam, dan Afrika untuk menurunkan demam.

Mengandung Antioksidan

Manfaat daun babadotan juga teruji memiliki aktivitas antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas untuk merusak sel dalam tubuh, mampu mencegah penuaan dini, dan mampu mengatasi masalah pada kulit menurut Journal of the Science of Food and Agriculture.

Tanggal akses : 16 September 2021

Penulis : Waritsa Asri

Sumber : https://www.orami.co.id