Manfaat Bawang Putih Tunggal, Bisa Atasi Hipertensi!!!

Jenis bawang putih ini hanya berjumlah satu butir dalam satu siung, berbeda dengan bawang putih pada umumnya. Oleh sebab itu beberapa orang juga menyebutnya sebagai bawang putih tunggal. Walaupun kecil, bawang putih ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho. Berikut ini adalah manfaat bawang putih tunggal untuk tubuh.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat bawang putih tunggal yang pertama adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ini karena adanya kandungan senyawa organosulfur bernama diallyl trisulfide yang membantu hati untuk bekerja maksimal mengeluarkan racun pada tubuh. Salah satu racun yang menjadi sasarannya adalah racun yang memicu munculnya sel kanker.

Klaim ini berdasarkan pada sebuah penelitian di University of North Carolina. Para peneliti menyatakan bahwa mereka yang rutin memakan bawang putih lanang memiliki kemungkinan 66,67% lebih rendah untuk terkena kanker.

Memembantu mengatasi hipertensi

Kandungan nitritoksida di dalamnya akan membantu pembuluh darah untuk lebih rileks.

Tak hanya itu, senyawa pada bawang lanang dapat mencegah terjadinya penumpukan plak dan gumpalan dalam jaringan pembuluh darah. Efek jangka panjangnya, risiko serangan jantung juga akan berkurang nantinya.

Mengobati sakit gigi

Bawang putih tunggal dapat mengobati sakit gigi hanya dengan mengunyah bawang putih secara langsung hingga halus. Maka senyawa allicin di dalamnya akan langsung menyerang kuman penyebab sakit gigi

Baik untuk ibu hamil

Bawang putih tunggal dapat meminimalkan resiko kehamilan. Bawang satu ini katanya sangat efektif menambah nutrisi ibu hamil terutama jika kamu makan langsung.

Ini berkat kandungan enzim alliinase dan allii yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, bawang putih lanang bisa mengurangi risiko ibu hamil mengalami kondisi preeklamsia.

Tanggal akses :  21 September 2021

Penulis : Hanifah

Sumber : https://www.99.co