Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Daun mint kerap dimanfaatkan sebagai tambahan untuk teh, minuman beralkohol, salad, dan banyak makanan lainnya. Sudah banyak bukti jika daun mint memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nah, berikut ini beberapa khasiat daun mint untuk kesehatan yang jarang orang ketahui:

Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat daun mint berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini karena daun mint memiliki bau yang khas. Ternyata, menghirup aroma minyak esensial dari tanaman ini memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Hal ini sudah terbukti pada suatu penelitian jika mencium aroma minyak daun mint selama lima menit dapat meningkatkan memori secara signifikan. Selain itu, aroma minyak ini juga dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah.

Meredakan Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar adalah salah satu gangguan umum yang terjadi pada sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Daun mint disebut-sebut ampuh untuk atasi sindrom iritasi usus besar. Khasiat daun mint ini didapatkan karena minyak mint yang mengandung senyawa mentol, yang mampu memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat daun mint yang perlu dipahami adalah mengatasi gangguan pencernaan. Daun herba ini dapat membantu untuk membuat sistem pencernaan lebih sehat dengan merangsang enzim pencernaan.

Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang ampuh untuk meredakan gangguan pencernaan. Selain itu, daun ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat anti-spasmodik karena adanya kandungan metanol.

Menurunkan Berat Badan

Khasiat daun mint berikutnya juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Hal ini terjadi karena manfaatnya yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan. Cara mengonsumsi daun mint agar berat badan tubuh adalah mengolahnya menjadi teh.

Tanggal akses : 23 September 2021

Penulis :  dr. Fadhli Rizal Makarim

Sumber : https://www.halodoc.com