Cara Mengolah Daun Pandan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Daun pandan diketahui mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Adapun manfaat daun pandan bagi kesehatan antara lain:

Obat Kulit Alami

Pada sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara, daun pandan kerap dikeringkan dan dihancurkan sebagai ekstrak. Nantinya, ekstrak tersebut akan digunakan sebagai pengobatan topikal yang banyak manfaatnya untuk kulit. Misalnya seperti mengobati luka bakar ringan, kulit terbakar matahari, hingga masalah kulit lainnya. 

Penelitian awal terkait hal tersebut menunjukkan bahwa asam tanat dalam pandan dapat mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat. Namun, penelitian lebih lanjut tentunya masih diperlukan.

Meredakan Nyeri Sendi dan Arthritis

Beberapa obat tradisional menggunakan pandan sebagai salah satu bahannya. Sebab, pandan berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa minyak dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia. Zat tersebut dikenal dapat meredakan gejala radang sendi.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Konsumsi pandan dapat membantu seseorang mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan, memiliki kadar gula darah lebih rendah dibanding yang tidak. Meski begitu, penelitian lebih mendalam secara ilmiah terkait manfaat pandan yang satu ini, tentu masih dibutuhkan.

Salah satu cara sederhana mengolah daun pandan  adalah dengan direbus. Nantinya, air rebusannya dapat diminum langsung atau digunakan sebagai campuran teh hingga bahan makanan seperti kue. Untuk merebusnya, jangan lupa untuk mencuci bersih daun pandan terlebih dahulu dan buang bagian bawah yang berwarna putih. Hal ini bertujuan agar air rebusannya tidak terasa pahit. 

Selanjutnya, rebus air hingga mendidih dan masukan daun pandannya. Ingatlah untuk mengikat daun pandan berbentuk simpul sebelum direbus, agar aroma dan sari-sarinya keluar.  Rebus daun pandan sekitar lima hingga 10 menit, agar matang merata. Lalu saring dan dinginkan sekitar 10 menit. 

Tanggal akses : 06 Oktober 2021

Penulis :  dr. Fadhli Rizal Makarim

Sumber : https://www.halodoc.com