Beraneka Macam Manfaat Gandarusa

Gandarusa adalah tumbuhan liar di hutan, tanggul sungai ataupun ditanam sebagai tumbuhan obat atau tanaman pagar.

Gandarusa lebih populer yang berbatang cokleat kehitaman, walapun ada juga yang berabatang hijau. Daunnya dapat dugunakan untuk membunuh serangga. Dan dapat dikembangbiakan dengan setek batang.

Sifat dan Khasiat
Daun rasanya pedas, sedikit asam, sifatnya netral, sedangkan kulit kayunya berkhasiat sebagai perangsang muntah.

Daun berkhasiat untuk mengatasi bengkak akibat terpukul atau terbentur (memar), keseleo, tulang patah (fraktur), reumatik sendi, nyeri pinggang, haid tidak teratur, tidak datang haid (amenore), demam yang hilang timbul, mual sewaktu batuk, dan sesak.

Akar berkhasiat untuk mengatasi reumatik, keram otot, demam, kencing terasa nyeri (disuria), sakit kuning (jaundice), diare, dan anak kecil yang kurus sekali (marasmus).

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus daun segar 30-60 gram (1 genggam) atau tumbuk dan peras, lalu gunakan air yang terkumpul. Jika memakai yang telah dikeringkan, rebus daun kering 15-30 gram (1/2  genggam) atau akar kering 3-1 gram (1/4 genggam).

Untuk pemakaian luar, giling herba segar, lalu tempelkan ke tempat yang sakit, seperti tulang patah, bengkak terkilir, pembengkakan kelenjar dan bisul.

Gunakan air perasan daun segar sebagai obat tetes pada telinga yang sakit. Bisa juga gunakan air rebusan herba untuk mencuci koreng dan borok.

Tanggal akses : Kamis, 26 November 2020 | 06:49

Sumber : https://www.jamudigital.com