Makanan Untuk Meningkatkat Fungsi Otak Dan Memori

Dilansir dari Healtline 9 Mei 2017 berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan dungsi otak dan memori.

Blueberry 

Blueberry dan buah beri berwarna lainnya menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.  Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. 

Beberapa antioksidan dalam blueberry telah ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

Cokelat hitam 

Cokelat hitam mengandung senyawa yang dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan.  Flavonoid merupakan kelompok senyawa tumbuhan yang bersifat antioksidan dan berkaitan dengan pembelajaran dan memori. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 900 orang, mereka yang lebih sering makan cokelat memiliki tugas mental yang lebih baik.

Ikan berlemak 

Ikan berlemak, seperti ikan salmon, trout, dan sarden, merupakan sumber asam lemak omega-3.  Sekitar 60 % otak manusia terbuat dari lemak dan setengah dari lemak tersebut adalah jenis omega-3.  Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf. Lemak ini juga penting untuk pembelajaran dan memori. 

Tanggal akses : Selasa, 28 Desember 2021 | 16:26 WIB

Penulis : Tri Sulistiowati

Sumber : https://kesehatan.kontan.co.id