Rosella si Merah Kaya Anti Oksidan

Berikut ini manfaat bunga rosella di lansir dari Health Line (25/11/2017).

Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang berkhasiat untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh Anda. Bunga rosella mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa menangkal radikal bebas.

Salah satu antioksidan yang terkandung di dalam rosella adalah polifenol yang dikenal mampu menjadi zat antikanker.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI pada tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh rosella secara rutin selama enam minggu terbukti mengalami penuruna tekanan darah yang signifikan.

Namun, teh rosella tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat hydrochlorothiazide. Ini merupakan obat diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Meminum teh rosella dengan obat ini bisa menimbulkan efek samping.

Menurunkan kadar lemak dalam darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat bunga rosella bisa menurunkan kadar lemak dalam darah yang bisa memicu penyakit kardiovaskular. Selain itu, studi juga mencatat bahwa rosella bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menjaga kesehatan liver

Dalam sebuah studi yang melibatkan orang dengan obesitas, teh bunga rosella bermanfaat untuk meningkatkan kondisi hepatik steatosis. Hepatik steatosis adalah kondisi dimana terdapat terlalu banyak sel lemak pada liver. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal hati jika tidak ditangani.

Menurunkan berat badan Berkaitan dengan menurunkan kadar lemak dalam darah dan hati, teh bunga rosella dipercaya bisa menurunkan berat badan. Namun, diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui dosis yang diperlukan untuk mendapatkan efek menurunkan berat badan bagi seseorang.

Tanggal akses : 15/05/2021, 19:34 WIB

Sumber: https://www.kompas.com