Penyebab Bibir Gelap

Bibir gelap menjadi salah satu problem dalam masalah kecantikan seorang wanita. Merokok tidak selalu menjadi penyebab bibir menghitam.

Banyak orang yang memiliki bibir gelap padahal bukan perokok. Salahh satu penyebab bibir gelap adalah faktor genetik.

Selain faktor genetik, faktor eksternal juga dapat menjadi penyebab masalah tersebut.

Selain rokok, paparan sinar matahari juga dapat menggelapkan bibir. Sama seperti kulit di bagian tubuh lain yang memiliki melanin, bibir dapat menjadi gelap. Di samping sinar UV, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bisa mengakibatkan peningkatan pigmen melanin di bibir.

Penggunaan lipstik yang tidak tepat pun bisa membuat bibir berwarna gelap. Kalau bahan pembuat lipstiknya tidak cocok, dalam jangka panjang penggunaan lipstik dapat membuat bibir menghitam.

Selanjutnya, oleskan pelembab bibir sebelum memakai lipstik. Dengan pelembab, bibir akan terhindar dari risiko pecah-pecah dan mencegah pigmen lipstik tidak mudah masuk ke sel kulit bibir.

Orang yang terbiasa membiarkan bibirnya kotor oleh sisa lipstik akan membuat pigmen warna lipstik menempel dan menjadi permanen. Semakin pekat warna lipstik, pigmennya pun semakin mudah masuk ke bibir. Apalagi, jika bibir tersebut mengalami pecah-pecah. Untuk membersihkan lipstik, gunakan kapas dan susu pembersih ataupun pembersih khusus bibir.

Tanggal akses : Kamis 04 Dec 2014 13:39 WIB

Penulis : Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari

Sumber : https://www.republika.co.id