Mitos dan Fakta Kesehatan Mata

Membaca di tempat remang-remang dapat merusak mata

faktanya, membaca di tempat sedikit cahaya tidak merusak mata. Bahkan menurut British Medical Journal diungkapkan bahwa membaca di bawah cahaya rendah tidak akan merusak mata, namun hanya akan menyebabkan terjadinya ketegangan mata.

Terlalau sering melihat komputer dan menonton tv dapat merusak mata

Tenyata, terlalu sering di depan komputer atau menonton TV mengakibatkan mata lebih jarang berkedip. Sehingga mata menjadi kering dan lelah. Cobalah beristirahat sejenak dengan mengalihkan fokus penglihatan atau melihat sesuatu di tempat yang lebih jauh setiap 15-30 menit untuk mengurangi ketegangan mata.

Banyak makan wortel dapat menyembuhakan rabun jauh

Faktanya, pemberian wortel dan zat-zat makanan yang kaya akan vitamin A memang terbukti baik bagi kesehatan mata, namun bukan untuk menyembuhkan rabun jauh. Peranan wortel dan vitamin A dalam kesehatan mata adalah untuk mendukung metabolisme sel-sel saraf pada retina serta mencegah dan mengatasi gangguan mata yang terjadi akibat kekurangan vitamin A. Seperti xeroftalmia (mata menjadi kering) atau rabun senja (penglihatan yang terganggu di saat gelap/malam hari).  

Jika penyebab pandangan kabur/buram adalah defisiensi vitamin A, maka konsumsi banyak wortel dapat membantu mengatasi kelainan mata tersebut, namun jika penyebab pandangan kabur adalah rabun jauh maka sebaiknya diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa minus atau lensa kontak. 

Tanggal akses : Oktober 1, 2018

Penulis : Sefya H Istighfaricha

Sumber : http://news.unair.ac.id