Manfaat Lada Putih

Lada putih di gunakan sebagai obat tradisional di india. untuk mengatasi sakit perut, kolera, bronkitis, dan sebagainya. Berokut ini adalah manfaat lada putih antara lain:

1. Meredakan Hidung yang Tersumbat

Terdapat kandungan dekongestan yang sifatnya alami pada lada, yang ampuh dalam mengencerkan lendir di dalam hidung. Ketika hidung tersumbat, lendir seringkali menumpuk di area pernapasan.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur sedikit lada dengan masakan yang berkuah misalnya sup. Dan dikonsumsi selagi hangat.

2. Mengobati Penyakit Lambung

Lada putih juga ampuh dalam mengobati gangguan yang terjadi pada lambung. Sama seperti ekstrak yang terdapat pada lada hitam yang memiliki sifat antibakteri dan anti radang. Sehingga akan menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab pada penyakit tukak lambung.

3. Mampu Meredakan Radang Sendi

Sifat anti radang pada lada mampu mengurangi peradangan, dan juga nyeri untuk penderita arthritis karena kandungan piperin di dalamnya. Menurut penelitian, kandungan piperin yang terkandung pada lada putih bisa menghambat hormon prostaglandin yang menjadi pemicu pada terjadinya peradangan di bagian sendi.

4. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Minyak lada juga ampuh dalam mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Kandungan piperin juga bisa menurunkan kadar glukosa yang terdapat di dalam darah. Menurut penelitian lainnya, piperin juga bisa menghambat enzim amilase yang memecah pati menjadi kandungan glukosa. Walaupun begitu, penelitian ini telah dibuktikan pada hewan dan belum terjadi pada manusia.

Tanggal akses : 2021

Sumber : https://www.lemonilo.com