Manfaat Bunga Telang

Dikutip dari jurnal of functional food and nutraceutical berikut ini adalah beberapa manfaat dari bunga telang.

Antidiabetes

Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolism lipoprotein), dan metabolism protein abnormal akibat terganggunya sekresi dan atau kerja insulin.

Pemberian ekstrak bunga telang menurut penelitian dapat menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati dan tulang.

Antioksidan

Aktivitas antioksidan dalam mengelola stres oksidatif pada sistem biologis berlangsung melalui berbagai mekanisme seperti penangkapan radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif, sebagai pengkelat ion logam, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan (Lakshan et al., 2019).

Namu berdasarkan sebagian besar peneliti menyebutkan bahwa kemampuan bunga telang untuk mereduksi senyawa radikal masih lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan vitamin C.

Antiobesitas

Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Oleh karena itu potensi suatu bahan aktif sebagai antiobesitas seringkali dipelajari melalui kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak) pada preadiposit 3T3-L1 (lini sel yang diisolasi dari jaringan embrio tikus Swiss albino). Aktivitas anti adipogenesis ekstrak bunga telang baru-baru ini dilaporkan oleh Chayaratanasin, et al (2019).

Tanggal akses: 2020

Penulis : Abdullah Muzi Marpaung

Sumber: 10.33555/jffn.v1i2.30