Khasiat Daun Kemangi

Kemanagi memiliki banyak manfaat sebagai obat pestisida nabati, penghasil minyak atsiri, sayuran dan minuman penyegar. Berikut ini adalah manfaat kemangi dikutip dari Jurnal Kesehatan Masyarakat, Novita Maylia Eka Cahyani (2014)

1) Melawan radikal bebas

Khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan
juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

2) Membantu pertumbuhan tulang

Khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

3) Melancarkan aliran darah

Khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

4) Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat
membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

5) Mencegah kemandulan

Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

Tanggal akses; 2021

sumber: Jurnal Kesehatan Masyarakat
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas