Cara Mudah Untuk Menunda Menopause

Berikut adalah tips agar tidak cepat menopause.

1. Olahraga teratur

Menopause dini dapat terjadi ketika Anda tidak menjaga kesehatan tubuh sehingga racun di dalam tubuh terus menumpuk. Ketika berolahraga racun di dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keringat. Lalu, manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkan siklus menstruasi Anda.

Tidak hanya itu saja, olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Pasalnya saat menopause, Anda bisa mengalami hilangnya kepadatan tulang.

2. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi

Seiring bertambahnya usia, hormon reproduksi juga dapat mengalami penurunan.Salah satunya, indung telur mulai lebih sedikit menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Hal ini pula yang menjadi penyebab terjadinya menopause.Maka dari itu, Anda juga bisa melakukan tips menunda atau agar tidak cepat menopause dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi.

Lalu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan penunda menopause dengan kandungan seperti fitoestrogen (kedelai), asam lemak omega, hingga kacang-kacangan. Selain itu, makanan dengan nutrisi serta gizi seimbang juga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Apalagi, saat gejala menopause muncul ada kemungkinan Anda lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

3. Menjaga pola tidur

Sebagian orang pasti pernah atau masih mengalami sulit tidur. Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda mengubah kebiasaan untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengubah jadwal tidur, berolahraga, menghindari kafein, hingga mempelajari teknik relaksasi.

4. Mengonsumsi kalsium dan vitamin D

Vitamin D mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit, mencegah penuaan dini, serta meningkatkan keseimbangan hormon. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk rutin mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan vitamin D sebagai cara menunda menopause.

Begitu juga dengan menjaga asupan kalsium. Kedua kandungan ini bisa membantu Anda menjaga kepadatan tulang serta mencegah pengeroposan tulang saat menopause.

Tanggal akese : 21/04/2021

Penulis : Atifa Adlina

Sumber : https://hellosehat.com