3 Fakta Asam Jawa, Tanaman Obat Penuh Khasiat

Asam jawa kerap dipakai sebagai pelengkap masakan dan bahan racikan pada minuman. Tidak hanya menambah rasa, asam jawa punya manfaat yang baik untuk tubuh. Segudang khasiat dalam asam jawa bisa didapat dengan mengkonsumsinya secara teratur, dan tidak berlebihan. Berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan.

Menyehatkan Jantung dan Mengontrol Gula Darah

Kandungan flavonoid dalam asam jawa dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, bisa diasumsikan jika buah ini dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, kandungan antioksidan dalam asam jawa dapat menurunkan bahaya oksidatif pada kolesterol jahat. Dampak baiknya, tubuh bakal terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

Asam jawa dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah berlebih. Penyebabnya tidak lain karena kandungan gula pada asam jawa, jauh berbeda dengan gula lainnya. Tidak hanya sampai disitu, asam jawa pun diklaim dapat membantu mengurangi lemak di dalam organ hati. 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Meski rasanya masam, bukan berarti asam jawa tidak baik untuk sistem pencernaan. Faktanya justru sebaliknya. Asam jawa mampu mampu mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar (BAB). Sebab asam jawa juga mengandung 6 serat tidak larut, yang berfungsi membuat feses lebih mudah melewati usus. Bahkan asam jawa diyakini dapat menurunkan berat badan.

Punya Efek Antimikroba dan Meredakan Peradangan

Tidak hanya buahnya, daun asam jawa juga sering dipakai dalam pengobatan tradisional. Bahkan daunnya dipercaya dapat meredakan peradangan.  Daun asam jawa dianggap mampu melawan proses inflamasi akut hingga kronis. Sederhananya, inflamasi adalah proses yang sangat kompleks dan terjadi di dalam tubuh. Proses inflamasi dikatakan bisa muncul pada beberapa jenis penyakit seperti kanker, jantung, diabetes, dan sebagainya.

Dalam beberapa studi, asam jawa diyakini memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Pada pengobatan tradisional, asam jawa pun sering dipakai sebagai obat penyakit malaria. Salah satu zat antibakteri yang diyakini terkandung dalam asam jawa adalah lupeol. Keberadaan zat ini yang diduga menjadi alasan mengapa asam jawa, dipakai sebagai obat untuk malaria.

Mengkonsumsi olahan dari asam jawa bisa jadi salah satu pilihan untuk merawat organ hati. Sebab, asam jawa dipercaya dapat meredakan gangguan pada hati, seperti intoksikasi liver akibat alkohol. Meski begitu, penelitian tentang fungsi asam jawa untuk menjaga kesehatan hati belum terbukti secara spesifik. Oleh karena itu, buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur saja.

Tanggal akses : 2 November 2021, 10:38
Penulis : Fathnur Rohman
Sumber : https://katadata.co.id