Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi, Panduan Cara Pakai hingga Efek Sampingnya

Asam mefenamat untuk sakit gigi sangat efektif dalam meredakan nyeri dan bengkak pada gigi. Sakit gigi bisa sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Selain rasa nyeri yang tak tertahankan, Anda juga biasanya mengalami bengkak di sekitar gigi atau gusi, demam, hingga sakit kepala. Salah satu obat sakit gigi yang ampuh adalah asam mefenamat.

Asam mefenamat untuk sakit gigi sangat efektif dalam meredakan nyeri dan bengkak pada gigi. Obat ini bisa diminum 3 kali sehari dengan dosis masing-masing 500 mg selama maksimal 7 hari. Jika lebih dari 7 hari nyeri tidak kunjung mereda, maka segeralah hubungi dokter terdekat.

Obat ini harus diminum setelah makan dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 14 tahun.

Selain untuk meredakan sakit gigi, asam mefenamat juga bisa digunakan untuk meredakan kondisi lain seperti sakit kepala, nyeri haid, nyeri otot, nyeri paska operasi, serta nyeri akibat benturan atau trauma.

Mengutip Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS), Rabu (27/10/2021), beberapa nama dagang yang mengandung asam mefenamat antara lain Ponstan, Mefinal, Dentacid, Cetalmic, Fenamin, Licostan, Stanza, Teamic, Maxtan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan asam mefenamat dalam bentuk generik maupun obat merek di apotek terdekat.

Efek Samping Asam Mefenamat

Secara umum, asam mefenamat aman untuk dikonsumsi selama Anda mengikuti aturan pakai secara tepat. Meski demikian, seperti halnya jenis obat-obatan lain, asam mefenamat juga dapat menimbulkan efek samping, seperti gangguan sistem darah, gangguan fungsi ginjal dan hati, gangguan saluran pencernaan, gagal jantung, hingga kejang pada overdosis.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya Anda membaca terlebih dulu petunjuk pemakaian yang tertera di label kemasan. Penggunaan asam mefenamat dalam jangka waktu lama dan melebihi dosis dapat menimbulkan efek samping serius bagi tubuh.

Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi asam mefenamat, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Tanggal akses : Rabu, 27 Oktober 2021 – 17:00 WIB

Penulis : Intan Afika Nuur Aziizah

Sumber : https://lifestyle.sindonews.com