4 Khasiat Tanaman Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Selain populer digunakan sebagai bumbu masak, manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia tidak perlu diragukan lagi. Khasiat tanaman satu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengobati pilek, mual, radang sendi, migrain, hingga hipertensi.

Selain memiliki banyak nutrisi, tanaman jahe menjadi salah satu obat alternatif bagi sebagian orang karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami. Berikut manfaat lain yang dapat diberikan oleh tanaman jahe, seperti dilansir dari Hellosehat, Kamis (21/10/2021).

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan phenolic dalam tanaman jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Tanaman ini juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Mengurangi Rasa Mual

Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, salah satu manfaat lain tanaman jahe yaitu dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker.

Kita dapat mengaplikasikan jahe dengan cara dimakan secara mentah atau dijadikan sebagai minuman. Jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

Mengurangi Rasa Sakit

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa apabila seseorang mengonsumsi suplemen jahe setiap hari, maka hal ini dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan karena berolahraga hingga 25%.

Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa sakit karena menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

Melindungi dari Bahaya Kanker

Salah satu manfaat yang dimiliki tanaman jahe yaitu kandungan gingerol. Kandungan ini dapat berperan dalam mencegah kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selain mencegah pembentukan tumor, kandungan gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif sehingga kandungan gingerol pada tanaman jahe dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi. (Mg03)’

Tanggal akses : Jum’at, 22 Oktober 2021 – 05:45 WIB

Penulis : SINDOnews

Sumber : https://lifestyle.sindonews.com