Tanaman Cendana

cendana

Nama Daerah

Candana (Minangkabau) Tindana, Sindana (Dayak); Candana (Sunda); Candana, Candani (Jawa); Candhana, Candhana lakek (Madura); Candana (BeIitung); Ai nitu; Dana (Sumbawa); Kayu ata (FIores); Sundana (Sangir); Sondana (Sulawesi Utara); Ayu luhi (Gorontalo); Candana (Makasar); Ai nituk (Roti); Hau meni, Ai kamelin (Timor)

cendana (1)

Morfologi Tanaman

Tumbuhan berupa pohon, dengan batang bulat berlekuk-lekuk, berdiameter hingga 40 cm, dan tinggi antara 12 dan 20 meter. Kulit berkayu kasar, berwarna kelabu. Batang yang sudah tua berbabu harum. Daun tunggal, berhadapan dengan bentuk elips, dan tepi daun yang rata. Ujung daun runcing dan ada juga yang membulat. Buah batu berbentuk bulat yang berwarna hitam saat masak.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah kayu. Kandungannya minyak atsiri, hars, dan zat samak. Minyak santalol (seskuiterpenalkohol), santalen (seskuiterpena), santen, santenon, santalal, santalon, dan isovalerilaldehida. Berbagai macam penyakit dapat diobati dengan cendana.

Cara Penggunaan

  1. Penggunaan internal
    Minyak cendana digunakan sebagai pengobatan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati gangguan pencernaan, infeksi saluran kemih bawah, demam, sakit kepala, sakit pada dada, atau sesak nafas. Selain itu minyak cendana berkhasiat untuk membersihkan radang selaput lendir hidung dan meredakan batuk kering.
  2. Penggunaan eksternal
    Pada kulit, minyak esensial Cendana membantu melembabkan kulit kering atau mengelupas, menghilangkan gatal-gatal dan peradangan dan menyeimbangkan kulit berminyak. Cendana dalam bentuk pasta bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, bekas tanda regangan (stretch marks), bintik dan noda hitam. Sifatcicatrisant pada cendana membantu untuk meregenerasi kulit dan memudarkan semua bekas luka, noda dan bintik-bintik pada kulit. Efek kerjanya cenderung lebih baik bila digunakan bersama dengan bahan-bahan perawatan kulit lainnya. Manfaat lainnya adalah perlindungan dari sinar matahari (tabir surya) dan penghapusantan (kulit gelap karena sinar matahari) .

Kontraindikasi

Sebaiknya segera berhenti menggunakan cendana dan konsultasikan ke dokter atau herbalis apabila merasakan efek samping, yaitu masalah pernapasan atau sesak di tenggorokan, nyeri dada, sakit perut, kulit gatal-gatal, ruam atau bengkak. Bagi penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak menggunakan cendana, demikian pula untuk wanita hamil dan sedang menyusui. Jangan menggunakan cendana lebih dari 6 minggu tanpa berkonsultasi dengan dokter.