Bawang Putih

Bawang Putih

Nama Daerah

Lasun (Aceh); dasun (Minangkabau); pia moputi (Gorontalo);bawang kasihong (Dayak); bawang badas (Sunda); bacang landak (Lampung);  Lasuna (Batak);

Morfologi Tanaman

Herba annua;, tumbuh tegaak memiliki tinggi sekitar 60 cm. Batang bawang putih terlihat semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang berwarna hijau, bagian bawahnya memiliki banyak siung dan jika digabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbalut dengan kulit tipis, jika kulit tersebut diiris, maka bawang putih akan mengeluarkan bau yang menyengat; tajam. Daunnya berbentuk pipih memanjang seperti pita, tepiannya rata dan ujungnya runcing beralur, panjangnya 60 cm dan lebar sekitar 1,5 cm. Memiliki akar yang serabut, bunganya berwarna putih, bertangkai panjang, dan berbentuk payung.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah umbi. Memiliki kandungan alilin dan sufur. Penyakit yang bisa diobati adalah kanker, hipertensi, jantung, kolesterol, dan berbagai macam penyakit kulit.

Cara Penggunaan

  1. Tumbuk halus bawang putih hingga membentuk pasta dan oleskan pada bagian yang bermasalah di kulit seperti kutil, jerawat, dan eksim.
  2. konsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Info Lain

Bawang putih mendapat julukan umbi seribu khasiat, karena kegunannya yang luas secara farmakologi. Manfaat bawang putih ternyata sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno untuk dikonsumsi sebagai penyedap masakan.

Kontraindikasi

Hati-hati dalam mengonsumsi pasta bawang putih, bila mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kulit tubuh melepuh. Bawang putih juga memiliki efek mencairkan darah sehingga seorang penderita maag tidak bisa mengonsumsinya, demikian pula bagi wanita yang sedang mestruasi. Ada juga orang yang mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsi bawang putih. Gejala yang mungkin muncul adalah rasa terbakar pada jantung, perut kembung, dan lain sebagainya. Jika hal itu terjadi, segera konsultasi ke dokter.