Olahraga Hijau

Olahraga hijau untuk peyegaran diri .
Setelah 5 atau 6 hari bekerja. Ketika akhir pekan, aktivitas yang terpikirkan biasanya adlah tidur atau santai-santai seharaian di rumah. Hal ini bisa jadi termasuk ke dalam 1.001 cara untuk menghadapi keletihan setelah bekerja keras, jika terlalu lama bermalas-malasan di rumah, tubuh akan semkin terasa kaku. Oleh karena itu, Anda selalu disarankan menyediakan waktu olahraga. Jika bukan termasuk orang yang gemar berolahraga di pusat kebugaran, halaman rumah, lapangan, atau taman di dekat tempat tinggal Anda dapat menjadi pilihan lokasi.
Tak perlu berolahraga terlalu berat, berjalan kaki atau lari-lari kecil mengitari taman selama 30 menit dapat membantu untuk menyegarkan diri (Olahraga hijau sebutannya). Olahraga di taman atau ruang hijau dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Melakukan aktivitas fisik ditaman (ruang terbuka hijau) dapat menurunkan risiko penyakit mental dan meningkatkan kesehatan, aktivitasa yang dimaksud cukup beragam dan sederhana, seperti berjalan, berkebun, bersepeda dan bercocok tanam.
Menjaga kesehatan diri dengan berkebun dari efek hijau di luar ruangan bisa membuat olahraga mejasdi menyenangkan dan menyehatkan. Warna hijau memberikan kontribusi kuat terhadap aktivitas fisik di luar ruangan. Diketahui, manusia yang terkena paparan gelombang warna pendek seperti hijau dan biru memang mampu mengakibatkan ketenangan dari dalam tubuhnya. Sementara itu, merah dan kuning lebih merangsang sisi emosional  seseorang.


Selain itu tanaman hijau subur mengisyaratkan makanan berlimpah dan sumber air dekat. Oleh karena itu, perasaan positif terhadap warna hijau diduga telah tertanam dalam otak manusia selama evolusi, maka dari itu manusia disarankan untuk melakukan olahraga hijau. Salah satunya seperti berkebun, berikut ini beberapa manfaat dari berkebun :
1. Mengurangi Risiko Osteoporosis
Berkebun dan aktivitasa fisik lain yang menyertainya bisa membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. Akan tetapi, aktivitas fisik itu ternyata juga bisa menyehatkan tulang.
2. Tidur Nyenyak
Keuntungan kesehatan mental yang didapat dari berkebun sangat kuat. Hal ini didukung dengan berkembangnya terapi hortikultura yang membantu orang-orang berkebun khususnya untuk bisa berdamai dengan sekitarnya. Semakin berkurang rasa tertekan pada diri, kualitas tidur kita semakin baik.
3. Menurunkan Risiko Diabetes dan Stres
Salah satu hal yang disarankan untuk menghindari diabetes adalah melakukan aktivitas fisik. Orang yang rajin berkebun seperti melakukan olahraga sebanya 150 menit dalam seminggu. Bertani atau berkebun dalam skala kecil juga mampu membuat Anda rileks dan menghilangkan stres