Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan minum air yang cukup dalam seharti menjadi upaya terbaik menjaga ginjal tetap sehat, selain untuk membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah, ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, serta untuk mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah. Jumlah kasus penyakit gagal ginjal di Indonesia dari tahun ke tahun kian meningkat. Ini tak lain akibat meningkatnya populasi pasien diabetes dan hipertensi sebagai penyumbang terbanyak pasien gagal ginjal di indonesia.
Untuk menghindarinya, jalan terbaik ialah pencegahan sejak dini. Praktik pola hidup dapat mencegah terserangnya penyakit ginjal kronik, bila dalam garis keturunan ada bakat timbul batu saluran kmih, sebaiknya minum yang cukup kurang lebih dua liter per 24 jam, bila ada bakat hipertensi hindarkan asupan garam yang tinggi, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi garam, tidak mengkonsumsi makanan yang asinnya sama dengan telur asin atau ikan asin. Bila ada diabetes taati diet yang dianjurkan.
Semakin banyak air yang diminum, semakin cepat kadar air tubuh diperbaharui. Dengan meminum air yang cukup, berarti Anda membantu menyelamatkan ginjal dari risiko penyakit ginjal. Asupan air setiap harinya harus memadai untuk menghasilkan volume urine sebanyak 1,6 liter untuk wanita, dan 2 liter untuk pria, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk meminum air minirel 2 liter untuk setiap harinya. berkaitan dengan mekanisme air dalam menjaga kesehatan ginjal, air berperan sebagai media eliminasi sisa metabolisme, sedangkan ginjal adalah organ yang berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan sisa metabolisme ini.


Jika kekurangan air, maka kinerja kerja ginjal akan menjadi lebih berat. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab orang yang kurang minum air putih mengalami gangguan  ginjal, minum air putih yang cukup telah terbukti mampu mencegah penyakit lain, seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi ginjal agar tetap sehat :

 

1. Jaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh sebab itu, pemeriksaan dini ginjal bila tekanan darah tidak stabil perlu diperhatikan.
2. Jaga gula darah. Begitu juga dengan gula darah, sebab kesehatan ginjal erat kaitannya dengan diabetes.
3. Banyak minum air putih. Mnegonsumsi banyak air minum dapat membuat ginjal bekerja dengan baik.
4. Kurangi asupan garam. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan segudang masalah bagi tubuh  Anda. Hai ini dapat mempengaruhi ginjal.
5. Berhenti merokok. Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.
6. Tidak sering mengnsumsi obat-obatan. Jika Anda pernah harus mengambil obat apapun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena Anda bukan dokter yang tidak pernah tahu apa efek samping dari obat tersebut.
7. Gerakan badan Anda (berolahraga). Hal ini juga dapat membuat ginjal sehat, luangkan waktu Anda 30 menit untuk melakukan olahraga dan aktivitas fisik yang rutin setiap harinya. Berjalan, berenang atau bersepeda adalah pilihan yang bagus.
8. Jangan mengonsumsi protein yang berlebihan. Terlalu banyak protein dapat berakibat buruk bagi ginjal Anda, terutama Anda berisiko masalah ginjal. Anda memang memerlukan asupan protein tetapi, batasi makan yang mengandung protein setiap hari jangan sampai berlebihan.