Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Kesehata adalah hal yang sangat penting yang selalu harus anda jaga. Bahkan ketika anda dalam kondisi sehat, menjaga pola hidup yang benar pun tetap harus dilakukan. Salah satunya ialah dengan menjaga pencernaan tetap sehat seperti berikut ini.

Hindari meroko dan minuman keras atau alkohol
Menghindari merokok dan minum minuman keras selama terkena permasalahan pencernaan dapat mempercepat penyembuhan.

Kurangi asupan garam, gula, dan tepung terigu
Hindari tiga bahan makanan iputihi ini, garam, gula, dan tepung terigu, sebanyak mungkin. Sebab bahan-bahan ini adalah penyebab dasar dari banyaknya masalah pencernaan.

Konsumsi makanan probiotik 
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain. Makanan probiotik sangat baik untuk kesehatan pencernaan, beberapa makanan  yang mengandung probiotik seperti dadih (susu yang digunakan untuk keju), idli, tempe, susu kedelai, Sup miso, Teh kombucha, Kefir, susu, acar, Kimchi, Sauerkraut dan yoghurt, mungkin dapat membantu ketika anda sedang terkena diare, sindrom iritasi usus (IBS) dan penyakit radang usus (IBD). Para peneliti masih bekerja untuk menemukan dampak organisme probiotik tertentu pada kondisi kesehatan tertentu.

Bersihkan sayuran secara menyeluruh sebelum dimasak atau dimakan.
Membersihkan sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum dimakan serta menjaga kebersihan dapur dapat menjaga dapat menjaga anda tetap jauh dari bakteri, yang mempunyai efek langsung pada perut.

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.
Tambahkan serat yang cukup pada makanan anda, termasuk gandum, kacang, dan sayuran (buncis, paprika, wortel, dll) serta buah-buahan dengan kulitnya sebisa mungkin. Konsumsilah serat dengan jumlah 25-30 gram perhari agar menjauhkan anda dari sembeli, penambahan berat badan, diabetes dan masalah jantung.

Kurangi konsumsi daging.
Tidak memakan daging terlalu banyak juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Cukupi kebutuhan cairan.
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dalam bentuk air, jus, dan sup. Cairan terbukti efektif dalam mengatasi masalah sembelit, disamping berguna mengkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Makanlah dengan perlahan 
Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Jangan telan makanan dengan terburu-buru.

Berjalan sebentar setelah makan.
Hindari berbaring segera setelah makan dan jika mungkin berjalan sebentar selama 10 menit. Hal ini akan membantu makanan dicerna lebih baik, selain menghindari beberapa masalah pencernaan, seperti kembung, makanan sulit dicerna, perut begah dan mulas.

Hindari stres.
Stres dapat memperburuk masalah-masalah pencernaan, seperti maag, wasir, dan sindrom iritasi usus, kegiatan fisik seperti meditasi dan yoga dapat membantu menenagkan saraf sehingga dapat membantu meringankan masalah pencernaan tersebut.