Masih Ada 1,7 Juta PMKS Belum Tercakup

Sebagian besar peserta Jaminan Kesehatan Nasional untuk kesehatan rakyat Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menyandang masalah kesehatan sosial (PMKS) yang dimaksud, antara lain penghuni panti sosial, rumah tahanan dan pengemis. Tahun ini, PMKS yang belum tercakup JKN akan ditanggung pemerintah daerah melelui dana program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) berdasarkan data BPJS kesehatan total jumlah peserta JKN pada minggu ketiga Maret adlah 118,9 juta dengan rincian peserta penerima bantuan iuran (PBI) 91 juta dan 27,9 juta peserta non-PBI .
Saat ini masih ada masalah validasi data peserta PBI, yakni kelompok masyarakat yang iurannya dibayar pemerintah, jumlah peserta PBI yang didanai pemerintah melalui APBN adalah 86,4 juta orang. Adapun yang dibiayain oleh pemerintah daerah lewat APBD ada 4,6 juta orang, sebelumnya menteri Kesehatan mengatakan saat ini ada 1,7 juta PMKS yang belum terjamin. Mereka sedang dalam proses Validasi data di kementerian Sosial, pemerintah berusaha meningkatkan jumlah peserta PBI. Bantuan dari berbagai pihak seperti perusahaan atau pengusaha diperlukan untuk membiayai masyarakat miskin dan PMKS menjadi peserta JKN.
Dengan banyaknya orang yang masuk sebagai peserta bererti dana JKN lebih besar, mereka yang sehat beramal untuk membayar dana orang sakit sehingga dananya lebih terjamin.