Cara Menghindari Diabetes

1. Konsumsi makanan berserat

makanan berserat

Makanan yang mengandung serat tidak hanya mengurangi risiko penyakit diabetes miletus dengan meningkatkan kontrol gula darah, juga menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat, misalnya adalah umbi-umbian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

2. Jaga berat badan

Jaga berat badan

Sekitar 80% penderita penyakit diabetes miletus menderita kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda memiliki berat badan di atas normal, pencegahan penyakit diabetes miletus bisa bergantung pada penurunan berat badan.

3. Kurangi konsumsi gula

hindari makanan bergula

Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes miletus tipe 2. Tetapi, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman yang banyak mengandung gula dan pengembangan diabetes miletus tipe 2. Wanita yang selalu minum 1 atau lebih minuman bergula sehari, mempunyai hampir 2 kali lipat risiko terkena diabetes miletus daripada wanita yang hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman yang mengandung gula.

4. Rutin berolahraga

olahraga rutin

Terdapat banyak manfaat olahraga secara teratur, di antaranya membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang normal.

5. Kurangi lemak hewani

Kurangi lemak hewani

Pada sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes miletus hampir 2 kali dari merekan yang makan diet sehat setiap harinya.