8 Cara Alami Melegakan Hidung Tersumbat

1. Balurkan minyak kayu putih

minyak kayu putih
Hal tersebut merupakan salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersebut. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air tersebut selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat lagi.


2. Makan makanan pedas

makanan pedas
Memakan makanan pedas adalah cara yang terbaik untuk melegakan hidung tersebut. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir ke luar dengan sendirinya.
3. Makan sup ayam

makan sup ayam
Sup ayam adalah obat yang sangat baik untuk hidung tersumbat. Semangkuk sup ayam hangat adalah cara terbaik untuk membuka hidung yang tersumbat. Sup ayam berisi sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya mebuka penyumbatan di hidung.
4. Mandi air hangat

mandi air hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air bisa menembus hidung dan melegakannya.
5. Konsumsi air

minum air
Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal tersebut tidak langsung bisa meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Bisa dengan minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.
6. Minum jeruk hangat

air jeruk hangat
Salah satu cara untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu menjaga kekebalan tubuh.
7. Lakukan steaming
Steaming adalah cara terbaik untuk menenangkan peradangan dan membuat bisa Anda bisa bernapas dengan mudah, ketika mengalami masalah hidung tersumbat. Ambil baskom berisi air mendidih dan kurungi kepala Anda dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah.
8. Posisi kepala saat tidur

posisi kepala saat tidur
Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Hal tersebut akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur Anda tidak terganggu karena kesulitan bernapas.