Tips Sehat Libur Panjang

 

 

Nikmati sekali menyambut tanggal merah di akhir pekan, sehingga libur terasa lebih panjang. Meskipun  cuaca tidak mendukung untuk melepaskan kepenatan di luar rumah, Anda pun masih bisa menghabiskan liburan dirumah dengan c ara yang sehat. Sehingga saat kembali beraktivitas tubuh menjadi bugar tidak malah menjadi sakit. Apa tipsnya agar tetap sehat selama long weekend? Yups intip tipsnya berikut ini:

1. Tidak korupsi waktu tidur. Menyambut libur di esok harus hanya membiarkan tubuh tetap terjaga atau bedagang di malam hari dan menyisakan jam tidur beberapa saat saja. Tetap gunakan jatah tidur malam Anda dengan benar, merilekskan diri dari aktivitas-aktivitas yang selama ini membebani waktu  tidur Anda.

2. Perhatikan menu makan Anda. Liburan bukan bearrti Anda bebas makan apapun dalam porsi besar. Salah-salah ketika kembali beraktivitas  Anda mengalami kenaikan berat badan. Konsumsilah makanan sehat seperti biasa, kurangi makanan berlemak dan manis. Camilan juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan terutama yang bersifat instan karena mengandung bahan pengawet dan pewarna yang cukup berbahaya.

Akan lebih baik jika Anda memasak sendiri menu makanan sehat, namun jika Anda sedang berpergian maka pilihlah tempat makan yang memiliki menu makananan sehat dan higienis.

3. Abaikan pekerjaan sejenak. Rincian pekerjaan yang tertunda sebaiknya jangan dibawa selama menghabiskan liburan. Bebaskan diri dari pemberitahuan baik melalui email atau telepon terkait pekerjaan tersebut. Mengabaikan pekerjaan sejenak akan membuat pikiran sedikit rileks dan membangkitkan semangat kerja.

4. Persiapkan kondisi fisik dan kesabaran. Persiapkan kondisi fisik dan mental selama liburan tiba, apalagi jika Anda menghabiskan liburan di perjalanan wisata yang ramai orang. Keramaian kadang membuat seseorang mudah lelah dan tidak sabar, ingatlah bahwa tidak hanya Anda tapi semua orang juga merasakan euphoria tersebut.

5. Jangan lupakan obat-obatan. Libur bukan berarti bebas dari obat-obatan yang harus dikonsumsi, terutama jika Anda sedang mengidap penyakit atau sedang dalam masa penyembuhan.

Libur bukan berarti melupakan kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental sekalipun Anda sedang libur atau dalam perjalanan jauh berwisata agar aktivitas Anda selanjutnya tidak terganggu. Selamat berlibur!