manfaat akar dan rumput meniran

Manfaat Meniran

daun meniran merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk batang bulat dan basah, dengan tinggi yang kurang dari 50cm. daunnya berbentuk sirip genap dalam setiap tangkainya dan berbentuk lonjong. bunga meniran terdapat diketiak daun menghadap ke arah bawah.

meskipun meniran tergolong tumbuhan yang hidup di semak, namun jangan anggap enteng karena tanaman ini memiliki manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

meniran ini bermanfaat untuk :

-anti piretik (menurunkan panas, batuk, air seni dan anti hepatotoksik

meniran juga memiliki aktifitas imunomodulator yang berperan dalam memperkuat sistem imun pada tubuh, sebaiknya mengkonsumsi meniran secara teratur agar memiliki kekebalan tubuh dan dapat terus menjaga tubuh secara optimal dan akan terhindar dari serangan bakteri, virus, dan mikroba lainnya.

meniran juga dapat mengkontrol untuk menurunkan sisterm kerja imun yang berlebihan. dan ketika sistem imun pada tubuh mengalami penurunan maka flavonoid yang terkandung di dalam meniran akan mengirim sinyal intraseluler kepada reseptor sel agar dapat meningkatkan kinerja, namun didalam flavonoid meniran juga memiliki efek anti peradangan.

– sakit kuning

meniran juga dapat mengobati penyakit kuning dengan cara membuat ramuannya..

proses pembuatan ramuan untuk penyakit kuning :

cuci tanaman meniran kemudian tumbuk tanaman meniran hingga halus lalu rebus dengan air susu yang sudah disiapkan, biarkan sampai mendidih lalu dinginkan dan saringlah untuk diminum .. untuk hasil yang optimal lakukan 2-3 kali sehari.

-sakit malaria

meniran juga dapat mengusahakan penyembuhan untuk penyakit malaria dengan menggunakan air rebusan meniran.

proses pembuatannya : cukup siapkan tanaman maniran beberapa batang lali tumbuk sampai halus dan rebus hingga mendidih lalu saring dan minumlah sebanyak 2 kali sehari.

– sakit ayan

selain penyakit malaria dan kuning meniran juga dapat menyembuhkan penyakit ayan.

proses pembuatannya : cuci bersih belasan batang meniran, kemudian rebus dengan beberapa gelas air sampai mendidih kemudian saringlah hasilnya kemudian minum sebanyak 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut.

– sakit demam dan penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan proses perebusan dan diminum sebanyak 3 x sehari.