Makanan Sehat Untuk Ginjal Anda

Penyakit ginjal yang sudah kronis merupakan musuh yang sangat berbahaya dan nyata yang sudah mempengaruhi lebih dari 26 juta orang di negara Amerika Serikat. Mereka yang menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi berisiko tinggi mengalami penyakit ginjal. Tetapi jangan risau, ada banyak cara untuk menurunkan risiko penyakit tersebut.

Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

1. Putih Telur

telur

Kandungan putih telur banyak terdapat vitamin dan mineral yang bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Putih telur mempunyai protein tinggi dan mengandung banyak zat besi untuk menjaga ginjal. Putih telur hampir tidak mengandung lemak dan kandungan karbohidrat.

2. Apel

apel

Ada sebuah pepatah mengatakan, sebuah apel yang Anda makan sehari akan menjauhkan Anda dari dokter memang benar adanya. Konsumsi apel dapat mengurangi risiko penyakit jantung, beberpa jenis kanker, dan menurunkan kadar kolesterol. Apel juga mengandung senyawa anti -inflamasi yang dikombinasikan dengan kandungan kalium yang rendah sehingga membuat ginjal sehat.

3. Bawang putih

Bawang-Putih

Bawang putih yang masih segar adalah pilihan yang sangat baik untuk diet ginjal, membuat sifat anti-inflamasi yang kuat dan kemampuan untuk mengurangi kolesterol. Selain itu pula, bawang putih membuat nikmat hidangan, bawang putih juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Telah terbukti, mengonsumsi bawang putih secara teratur juga bisa membantu melawan kanker, Tapi Anda harus ingat, jangan mengonsumsi bawang putih secara berlebihan. Kandungan belerang yang terdapat dalam bawang putih menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Ikan segar

ikan-segar

Jenis ikan seperti salmon, trout, herring, dan sarden kaya kan protein berkualitas dan asam lemak omega-3. Lemak ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Orang-orang yang mengonsumsi ikan segar secara teratur mempunyai risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang berarti berisiko lebih rendah menderita penyakit ginjal kronis.

5. Bawang merah

bawang-merah

Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga mempunyai antioksidan kuat yang bisa membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Bawang, etrutama bila dikonsumsi secara mentah bisa menjadi anti-inflamai penting bagi siapa saja yang menderita penyakit ginjal.

6. Minyak zaitun

minyak zaitun

Di wilayang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai pengganti dari mentega atau minyak goreng lainnya, mempunyai populasi penderita penyakit jantung, kanker, dan penyakit ginjal yang rendah. Minyak zaitun kaya kan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu mengurangi peradangan arteri.

7. Cranberry

cranberry

Hampir semua dari jenis buah berries sehat dan kaya akan antioksidan. Tetapi, diantara buah berries tersebut, cranberry pantas mendapatkan perhatian khusus. Buah yang satu ini mempunyai kemampan yang cukup unik untuk melawan infeksi saluran kemih. Dengan meningkatkan keasaman urine, cranberry dapat membuat bakteri sulit untuk melekat pada dinding kandung kemih. Konsumsi buah ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

8. Kangkung

kangkung

Semua jenis syuran, seperti halnya kubis, brokoli, dan kembang kol, tinggi akan kandungan serat, vitamin C, dan K yang baik untuk ginjal. Selain sayuran tersebut, kangkung juga menjadi sumber vitamin dan zat besi. Kangkung juga berlimpah berkaroten, vitamin K, dan kalsium. Sayuran ini juga sangat rendah kalium dan cocok dikonsumsi untuk orang-orang dengan penyakit ginjal. Tambahkan kangkung ke daftar salad, smopthies, saus pasta, atau sup.