Hati-hati, Banyak Suplemen Diet Berbahaya

suplemen diet berbahaya

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa terdapat kandungan stimulan sintetis pada sejumlah suplemen diet. Zat tersebut belum diuji coba pada manusia dan berpotensi membahayakan kesehatan penggunanya. Dimasukkan stimulan yang dikenal dengan nama DMBA dalam suplemen diet membuat para peneliti dan kelompok industri menyerukan kepada BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan) untuk mengambil tindakan tegas. Seorang peneliti mengatakan, ” FDA perlu untuk memeriksa lebel kemasan produk yang kami pelajari dan mereka bisa segera melihat bahwa ini bukan merupakan bahan yang seharusnya digunakan dalam suplemen.”

Peneliti dari Amerika serikat menemukan stimulan sintetis tersebut tercantum pada label beberapa merek suplemen diet. Lalu mereka langsung mencari di Internet untuk suplemen diet yang diiklankan dengan kandungan bahan nama yang mirip dengan nama kimia lengkap DMBA ini, yaitu 2-amino-4-methylpentane atau 2-amino-4-methylpentanamine. Istilah yang sedang dicari termasuk untuk AMP Sitrat, 4-amino-2-methylpentane sitrat, 4-amino-2-methylpentane sitrat, 4-amino-2-pentanamine, pentergy, dan 4-AMP.

Para peneliti tersebut membeli 14 produk yang memenuhi kriteria dan mengirim satu botol masing-masing untuk dua laboratorium terpisah untuk diteliti. Hasilnya, 12 dari 14 produk suplemen tersebut mengandung DMBA, yang merupakan singkatan dari 1,3-dimethylbutylamine. Stimulan sintetis tersebut mirip dengan senyawa yang dikenal sebagai DMAA. FDA mengungkapkan senyawa tersebut dapat menimbulkan serangan jantung.

Organisasi ini telah menyerukan kepada produsen pada tahun 2012 untuk menghentikan penjualan suplemen diet berbahaya tersebut. Produsen mungkin memasukkan bahan DMBA karena dapat berfungsi se[erti DMAA yang dilarang pada dosis yang lebih tinggi. DMAA dipasarkan sebagai bahan pembentuk tubuh, membuat badan menjadi atletis dan bahan tambahan dalam menurunkan berat badan. FDA menerima puluhan laporan penyakit dan kematian terkait dengan suplemen yang mengandung DMAA.

Sekitar 14 produk yang telah diuji kandungan DMBA dalam penelitian tersebut sebagian besar dipasarkan sebagai suplemen olahraga, penurunan berat badan, atau penambah kinerja otak. Dalam hal ini, FDA mengomentari bahwa FDA menyadari kekhawatiran banyak orang terhadap dampak kesehatan dari DMBA dan AmMP Citrate. Organisasi ini akan mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum untuk melindungi para konsumen.

FDA menyatakan,” Produsen suplemen bertanggungjawab untuk memastikan bahwa produk mereka aman dan jika diperlukan, harus memnyerahkan informasi kandungan bahan baru sebelumnya dipasarkan.” GNC yaitu pemasok suplemen dan produk kesehatan global, dilaporkan menghapus DMBA dari situsnya menurut laporan yang diterbitkan oleh USA Today.

Cara Diet Sehat Tanpa Menggunakan Suplemen

1. Hindari mengonsumsi lemak dan kurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat tetap diperlukan, namun dengan jumlah yang dikurangi.

2. Kurangi minuman yang mengandung gula. Berhentilah meminum soft drink, biasakan mengonsumsi air mineral dan jika Anda ingin meminum teh manis sesekali tidak apa-apa.

3. Makan minimal tiga kali sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif. Jangan mengurangi frekuensi makan menjadi dua kali sehari, karena akan menimbulkan maag.

4. Usahakan untuk latihan kardio seperti, lari, renang, treadmill, atau aerobik. Latihan kardio efektif untuk membakar lemak, lakukan secara rurtin tiap hari.

5. Jangan makan mendekati jam tidur karena akan menyebabkan makanan yang Anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktivitas Anda. Akibatnya terjadi penumpukan lemak yang bertambah

6. Istirahat yang cukup. Sebuah penelitian mengungkapkan tidur berlebihan meningkatkan risiko kematian, jangan lebih dari delapan jam per hari.