Cara Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas

anak sehat dan cerdas

1. Berikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif.

Menurut sebuah penelitian, anak yang semasa bayi hingga anak tersebut berusia enam bulan diberikan ASI eksklusif tidak hanya memiliki kekebalan tubuh lebih baik, tapi juga mempunyai kecerdasan yang lebih baik.

2. Komunikasi penting.

Anak yang cenderung lebih mudah menangkap perkataan yang diucapkan oleh orang tuanya, selain membantu menambah kosakata baru, sering berkomunikasi dengan anak bisa lebih mendekatkan anak dengan orang tua.

3. Makanan yang sehat dan Olahraga.

Anak yang lebih sehat cenderung akan lebih cerdas, jaga selalu kesehatan anak dengan cara rajin mengajaknya berolahraga dan berikan selalu makanan yang sehat.

4. Hindari jajanan yang tidak bermanfaat.

Selalu perhatikan dan pilih makanan yang dikonsumsi anak. Sebaiknya hindari makanan yang kurang bermanfaat seperti junk food atau jajanan yang diragukan kebersihan dan manfaatnya.

5. Dampingi saat bermain.

Mendampingi anak saat bermain bisa menambah kedekatan orang tua dengan anak, dan juga membantu Anda sebagai orang tua mengenali minat dan potensi anak.

6. Perhatian dan kehangatan di keluarga.

Kehangatan dan kasih sayang orang tua yang diperlihatkan dengan perhatian membantu dalam menjaga emosi anak, mendidik anak dengan cara yang keras justru akan berdampak buruk bagi anak nantinya.