Penyebab Mata Juling

penyebab mata juling itu? Berikut 5 penyebab mata juling:

1. Faktor bawaan sejak lahir

Kelainan pada mata ini bisa terjadi karena faktor bawaan (congenital) sejak lahir atau 6 bulan sampai usia 2,5 tahun pertama. Namun, tidak semua orang yang menderita juling langsung terlihat. Ada yang tersembunyi (phoria) dan baru akan terlihat saat orang tersebut lelah atau sakit.  Tapi, ada juga yang memang sudah terlihat (tropia) meskipun orang tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

2. Mata malas

Kondisi semacam ini mengindikasikan adanya kemunduran kemampuan penglihatan seseorang di salah satu bagian mata. Sementara itu, mata yang satunya mendominasi penglihatan sehingga mata yang ketajamannya lebih rendah pun tidak mengalami peningkatan.

mata jereng

3. Tarikan otot mata yang berbeda

Ada sekitar 6 otot yang bertugas menggerakan mata. Jika keenam otot tersebut melakukan tugasnya dengan tarikan yang berbeda, maka pergerakan matanya akan berbeda juga. Hal ini bisa saja terjadi karena ada kelainan pada bagian otak si penderita.

4. Otak tidak berfungsi dengan baik

Karena tidak bekerjanya satu atau lebih otot, pergerakan mata pun akan menyimpamng. Kondisi rusaknya otot-otot yang memiliki fungsi sebagai penggerak mata ini pada umumjnya disebabkan rusaknya saraf yang terikat dengan bagian mata.

5. Ketajamannya berbeda

Ketajaman penglihatan yang berbeda bisa dilihat pada orang yang memiliki kelainan mata, seperti rabun dekat. Misalnya, mata kiri minus enam sedangkan mata kanan minus setengah. Hal tersebut bisa menyebabkan mata menjadi juling karena perbedaan yang mencolok antara keduanya