Manfaat Sayuran Buncis

Manfaat Buncis untuk Kesehatan

 

Berikut ini beberapa manfaat buncis bagi kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Mengendalikan glukosa

Buncis mempunyai kadar protein yang begitu tinggi. Jika sayuran ini diolah dengan benar maka protein yang ada di dalamnya dapat diserap oleh tubuh dan berguna untuk mengendalikan glokusa atau kadar gula dalam darah.

2. Melancarkan pencernaan

Buncis termasuk ke dalam keluarga kacang, yang kaya akan serat. Serat berguna untuk membantu sistem pencernaan.

3. Menjaga jantung tetap sehat

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang bisa memicu serangan jantung diperlukan sistem pencernaan yang bekerja dengan baik. Oleh sebab itu buncis baik untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buncis minimal empat kali seminggu dapat membantu organ jantung kita tetap sehat, manfaat ini kita dapatkan dari buncis karena asam folat yang dikandungnya.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin B1, B6 dan vitamin C dalam buncis dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita meningkat.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Buncis mengandung mineral yang penting untuk metabolisme tubuh an tara lain mangan, kalium, zat besi dan magnesium.

6. Mengatasi batu ginjal

Serat yang begitu tinggi dalam buncis dapat berguna untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu banyak dokter menganjurkan makanan ini untuk dikonsumsi oleh pasiennya.

7. Rendah kalori

uncis merupakan sayuran yang rendah kalori yaitu 31 kalori per 100 gr buncis. Selain itu, buncis juga tidak mengandung lemak jenuh. Di dalam buncis juga terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Kaya akan serat diet

Buncis mengandung serat diet yang bagus untuk tubuh. Buncis dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami, sehingga membantu melindungi selaput lendir di usus besar Anda. Selain itu, mengonsumsi buncis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

9. Mengandung Vitamin A

Dengan mengonsumsi buncis, Anda dapat terlindungi dari radikal bebas dan mengurangi risiko terserang penyakit.

10. Kaya akan asam folat

Buncis sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung asam folat. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi kesehatan bayi dalam kandungan. Buncis juga dapat memperlancar ASI.

11. Mengandung multi-vitamin

Buncis merupakan sayuran yang kaya akan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat pada buncis, antara lain: Vitamin B-6, B-1, dan C. Dengan mengonsumsi buncis, Anda dapat terhindar dari pengaruh buruk polusi dan radikal bebas.

12. Kaya akan mineral

Mineral yang terdapat pada buncis, antara lain: zat besi, magnesium, kalsium, mangan, dan kalium. Mineral-mineral tersebut sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Salah satu penyakit yang dapat diobati menggunakan buncis adalah kencing manis.

Buncis termasuk beberapa makanan yang mengandung oksalat. Okssalat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan, terutama bagi penderita penyakit ginjal atau kantung empedu.