Manfaat Buah Bernuk

A. Buah Bernuk

Berenuk/bernuk  yang memiliki nama Ilmiah (Crescentia cujete) memiliki Ciri-ciri

Habitus: Pohon, tinggi 10 m
Batang: Berkayu, bulat, percabangan simpodial, beralur, putih kehitaman
Daun: Majemuk, menyirip, lonjong, tepi rata, ujung meruncing, pangkal membulat, panjang 10-15 cm, lebar 5-7 cm, bertangkai pendek, hijau, pertulangan menyirip, hijau
Bunga: Tunggal, di cabang dan ranting, kelopak bentuk corong, ujung bercangap, hijau pucat, benang sari empat, panjang 2 cm, putih, putik panjang 2 cm, kepala putik bentuk corong, putih, mahkota bentuk bibir, putih
Buah: Buni, bulat, diameter + 2 cm, hijau kekuningan
Biji: Kotak, panjang + 5 mm, coklat

Khasiat

Daun berenuk berkhasiat sebagai obat luka baru dan daging buahnya untuk urus-urus. Untuk obat luka baru dipakai 10 gram daun berenuk, dicuci dan ditumbuk sampai halus, ditempelkan pada bagian yang luka dan dibalut dengan kain bersih.

itu hasil penelusuran google diatas, itu karena ane mendengar perbincangan seorang tukang buah rujak bebek membeberkan manfaat dari buah bernuk ini, katanya bisa buat obat dan penyakit seperti struk dan lainya, loh….benging sambil memperhatikan dia cerita. tapi gak bisa sembarangan gitu aja yah soalnya kudu ada pengolahan kusus dari buah ini, gak bisa langsung makan bisa ma’ot ente hahaha :p.

nah ternyata dia sebagai penadah jadi kalo ada buah bernuk yang dipohon tukang rujak ini menjualnya lagi ke penadah buah ini, behhh baru tau ane buah bernuk bisa jadi obat dan lainya selama ini hanya tau buah ini gak ada manfaatnya dan dibiarkan saja hidup dan taunya buah itu memabukan dan beracun.