Manfaat Sayuran Timun Untuk Kesehatan

Timun yang baik adalah yang berwarna hijau gelap dan tidak terlalu matang karena cenderung mengandung lebih banyak serat. Mentimun adalah makanan sehat karena rendah kalori dan lemak. Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk memasak dan ngemil.

Berikut adalah manfaat mentimun untuk kesehatan:

  1. Menjaga tubuh dari dehidrasi, Mentimun memiliki kadar air 96% yang lebih bergizi daripada air biasa, membantu dalam menjaga tubuh dari dehidrasi dan mengatur suhu tubuh selain itu juga membantu dalam membilas racun dari tubuh.
  2. Mentimun Untuk Perawatan kulit, Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B & C dan adanya mineral tertentu seperti magnesium, kalium, silika membuat mentimun menjadi bagian penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang ada dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang pada gilirannya mengurangi bengkak dan bengkak di bawah mata. Kulit mentimun juga dapat membantu kulit melindungi dari sengatan matahari atau keadaan kulit yg kasar karena kena angin.
  3. Melawan kanker, Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol – sehingga dengan kandungan ini mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.
  4. Manfaat Jus Mentimun Untuk Mengonrol Tekanan Darah, Jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Sangat baik dikonsumsi oleh penderit mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.
  5. Bermanfaat untuk gigi dan gusi, Jus mentimun juga bermanfaat untuk orang dengan gigi dan gusi masalah, terutama dalam kasus-kasus penyakit pada gusi. Ketimun merupakan sumber yang baik serat makanan dan serat ini pijat di gigi dan gusi.
  6. Membantu pencernaan, Gangguan pencernaan seperti maag, mulas, gastritis dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun segar secara rutin. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam mengusir racun di dalam sistem pencernaan. Sembelit kronis juga dapat disembuhkan dengan jus mentimun.
  7. Meningkatkan kesehatan, Timun merupakan sumber silika yang sangat baik untuk membantu  kesehatan dengan memperkuat jaringan ikat.
  8. Manfaat Biji Mentimun Untuk Cacingan (cacing pita), Biji mentimun digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengobati cacing pita. Biji mentimun memar dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.
  9. Perawatan kuku, kandungan silika yang tinggi pada mentimun dapat membantu mencegah pemecahan dan memanjakan kuku jari tangan dan kaki.
  10. Meringankan sakit asam urat dan rematik, Mentimun kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium, bila dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat
  11. Menyembuhkan diabetes, Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.
  12. Mengurangi kolesterol, Para peneliti menemukan bahwa beberapa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol
  13. Merangsang pertumbuhan rambut, Ketimun mengandung silikon dan belerang dan dengan demikian asupan rutin mentimun dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.
  14. Bertindak sebagai diuretik, Banyaknya kandungan air pada mentimunr bertindak sebagai diuretik. Hal ini mendorong penghapusan produk limbah dari tubuh saat kita buang air kecil. Mentimun membantu untuk melarutkan kandung kemih atau batu ginjal.
  15. Membantu menurunkan berat badan (diet), Karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, mentimun sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.
  16. Sumber Vitamin B, Timun kaya akan kandungan vitamin B yang dapat menjaga tubuh anda dari serangan penyakit.
  17. Rehidrasi tubuh & Mengisi Ulang Vitamin Harian, Timun mengandung 95 persen air sehingga dapat menjaga tubuh anda dari dehidrasi sambil membantu tubuh menghilangkan racun. Timun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Kulit timun juga mengandung vitamin C yang cukup banyak
  18.  Meredakan Bau Mulut, Ambil seiris timun dan tekan ke langit-langit mulut anda dengan lidah selama 30 detik, fitokimia akan membunuh bakteri yang bertanggung jawab dalam menyebabkan bau mulut.
  19.  Menghindari ‘Morning Sickness’, Untuk menghindari ‘morning sickness’ atau sakit kepala di pagi hari, makanlah beberapa iris timun sebelum tidur. Timun mengandung gula, vitamin B, dan elektrolit untuk menambah nutrisi yang penting, mengurangi intensitas baik mabuk atau sakit kepala.