Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan

Manfaat Sayuran Sawi untuk Kesehatan :

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan pada luka, dan mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hal itu karena dalam sayuran ini terkandung vitamin C yang konon hampir setara dengan jeruk sehingga memang sangat baik untuk hal – hal yang sudah Ubul tulis diatas.

Untuk mencegah gondok, ternyata sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa convar ini juga sangat baik untuk di konsumsi. Hal ini karena pada sawi putih mengandung Goitrogen yang menghambat fungsi kelenjar tiroid yang memicu terjadinya goiter gondok. Ini sekaligus sebagai manfaat kedua dari sayur sawi putih.

Mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C, vitamin E dan betakaroten nya sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Selain itu, jika dikonsumsi, sayuran ini dapat memperkecil proses ateroskerosis yang artinya dapat menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung karena dalam sayuran ini juga terkandung niasin. Kandungan vitamin B6, asam folat, dan magnesium pada sawi juga berpotensi untuk mencegah penyakit jantung. Vitamin B6 dan asam folat dapat menghambat terbentuknya homosistein, yaitu suatu senyawa yang mampu menyumbat pembuluh darah sehingga berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Kandungan asam folat yang terkandung didalamnya berperan dalam proses sintesis nukleoprotein. Proses tersebut merupakan kunci pembentukan produksi butir – butir darah merah dalam sumsum tulang. Itu artinya sayuran ini dapat berguna untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kurangnya kandungan sel atau butir – butir darah merah dalam darah.

Mencegah diabetes mellitus karena mengandung kalsium yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan kalsium yang didukung dengan vitamin K pada tumbuhan ini dapat mengatur protein tulang dan kalsium dalam tulang sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis.

Mata kita membutuhkan asupan vitamin A untuk menjaga kesehatannya terutama pada bagian kornea. Nah vitamin ini ternyata juga terkandung pada sawi putih sehingga baik untuk kesehatan mata.

Merawat kulit, sayuran ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, sayuran sawi putih memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin ini juga berperan sebagai anti oksidan yang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mencegah macam – macam kanker. Menurut sumber yang Ubul baca, pada sayuran ini terdapat kandungan Indol dan Isotiosianat yang dapat mereduksi protein kanker karena kemampuan dari kedua zat tersebut untuk mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati.

Kurang Baik bagi Penderita Ginjal, Sawi merupakan salah satu bahan pangan yang banyak mengandung oksalat. Kandungan oksalat yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan kristalisasi yang menjurus pada terbentuknya batu. Karena itu, mereka yang mempunyai gangguan terhadap ginjal sebaiknya menghindari konsumsi sawi yang berlebihan.