Penyebab Tumor

Penyakit Tumor adalah pertumbuhan tidak normal pada jaringan tubuh, seperti kita tahu bahwa tubuh kita memproduksi sel-sel baru yang sehat untuk menggantikan sel lama yang telah rusak, jika sel baru yang terbentuk tersebut tidak seimbang maka tumor dapat terbentuk. Ditinjau dari efeknya tumor dibagi menjadi dua, tumor ganas biasa dinamakan kanker sedangkan tumor yang masih jinak atau tidak terlalu berbahaya disebut tumor biasa atau bukan kanker.

Tumor yang tidak ganas atau jinak adalah jenis tumor yang tidak menjalar atau menyebar ke sel-sel yang lain dalam tubuh, karena tidak menginfeksi bagian tubuh yang lain maka para ahli medis menganggapnya tidak berbahaya, meski demikian jika tumor tersebut berada pada organ tubuh yang sangat vital maka mau tidak mau keberadaan tumor tersebut harus segera dihilangkan.

Kita ambil contoh tumor yang ada pada otak, meski pun setelah dilakukan pemeriksaan tumor tersebut tidak berbahaya namun karena keberadaannya di bagian tubuh yang sangat penting maka harus cepat di hilangkan.

Tumor ganas adalah tumor berjenis kanker, tumor jenis ini dapat mempengaruhi sel-sel lain dalam tubuh, dapat menyebar luas ke wilayah tubuh yang lainnya dan jika tidak segera mendapat pengobatan yang tepat dan benar maka penyakit ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Untuk mencegah kerusakan sel tubuh yang lain maka diperlukan penanganan secara medis.

Penyebab

Ada banyak yang melatarbelakangi tumbuhnya tumor dalam jaringan tubuh, berikut beberapa diantaranya yang berhasil kami rangkum:

  • Terpapar zat berbahaya, berhati-hati lah terhadap zat berbahaya yang ada di sekitar anda, baik di rumah atau pun di tempat kerja, jika anda terpapar oleh zat berbahaya tersebut dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan tumbuhnya tumor. Zat berbahaya yang dimaksud adalah zat kimiawi.
  • Gaya hidup, ini lah permasalahan orang-orang di zaman modern. Perlu keseriusan khusus untuk belajar menjalani gaya hidup yang sehat, faktor lingkungan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang.
  • Pola makan yang buruk, apa yang kita makan setiap harinya berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita, pola makan yang buruk dapat memicu berbagai macam gangguan pada kesehatan. Selalu menjalankan pola makan sehat adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena tumor ganas.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah merupakan salah satu penyebab tumbuhnya tumor dalam jaringan tubuh, jika sistem pertahanan tubuh kita lemah maka sangat rentan terserang berbagai macam penyakit.
  • Faktor genetik, faktor keturunan menjadi salah satu penyebab munculnya tumor. Jika salah satu orang tua kita mengidapnya maka kita mempunyai resiko yang lebih besar terkena tumor dibanding orang lain.
  • Merokok, kebiasaan buruk ini bukan saja dapat memicu munculnya tumor, namun juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lain seperti menjadi penyebab utama bau mulut, jantung dan juga yang lainnya