Tips Kesehatan Menjaga Hati

Agar tubuh selalu sehat, sudah mulai banyak orang menyadari untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, atau tulang. Sayangnya, jika sudah menyangkut kesehatan liver, organ hati atau yang kerap disebut hepar, banyak orang yang masih belum tahu cara menjaganya.

Padahal jika liver Anda sudah terganggu, efek negatifnya bisa dirasakan seluruh tubuh. Sebab, liver berfungsi untuk menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, entah itu dalam bentuk makanan atau dihirup dari hidung. Jika tidak bisa tersaring, karena liver mengalami gangguan, racun akan dengan bebasnya ‘mampir’ ke organ tubuh lainnya.

Penyakit liver muncul, terutama karena adanya virus hati. Gaya hidup sehari-hari berperan penting menentukan kesehatan liver Anda. Di antaranya, bila Anda gemar konsumsi minuman beralkohol dan berkarbonasi, makanan goreng, merokok, dan makanan berlemak (keju, daging).

Selain faktor itu, orang yang setiap hari mengonsumsi obat juga punya risiko tinggi terkena kerusakan hati. Misalnya, orang yang menderita hepatitis, penyakit kuning, diabetes, di mana setiap hari mereka harus minum obat. Mereka yang berada di lingkungan beracun pun rentan, misalnya hidup serumah dengan perokok. Karena itu, jangan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan liver.