Operasi Katup Jantung

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PENYAKIT KATUP JANTUNG?

Katup jantung merupakan katup yang mengatur aliran darah diantara serambi dan bilik jantung Anda.

Dalam penyakit jantung, satu atau lebih dari katup jantung Anda menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyakityang berbeda mempengaruhi katup yang berbeda. Penyakit tertentu cenderung mempengaruhi satu katup jantung disbanding katup jantung yang lain. Katup jantung sebelah kiri pada umumnya sering mengalami gangguan dibandingkan dengan katup jantung sbeelah kanan.

APA GEJALANYA?

Pasien akan mulai mengalami gejala pada usia yang berbeda-beda tergantung dengan jenis penyakit yang mereka derita, sehingga jarak usinya bisa dimulai dari paling muda sampai usia sangat tua.

Pada umunya, katup dapat menjadi longgar sehingga membiarkan aliran darah mengalir ke belakang atau katup menjadi ketat sheingga mempersempit ruang dimana darah dapat mengalir ke depan. Duan hal ini juga bisa terjadi secara bersamaan.

Gejala umum termasuk:

  • Sesak napas pada saat beraktivitas
  • Sering merasa kelelahan
  • Sering merasa akan pingsan
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Bengkak pada pergelangan kaki

 

Jika Anda mengalami gejala diatas, disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. Riwayat Anda akan dicatat secara rinci dan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Dokter Anda dapat merujuk Anda ke dokter spesialis jantung untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter spesialis jantung akan melakukan ekokardiogra, yaitu pengecekan jantung menggunakan ultrasound yang sama sekali tidak sedikit. Pemeriksaan ini akan membantu untuk melihat strukturjantung Anda. Dokter akan mengerti konsis jantung Anda, sehingga dapat melakukan diagnosis seakurat mungkin, dan memberikan Andan penanganan yang tepat.

 

APA SAJA PENGOBATANNYA?

Tergantung dengan apa temuannya, Anda mungkin:

  • Diberikan obat-obatan dan akan dipantau secara teratur atau;
  • Dirujuk ke dokter spesialis jantung yang memiliki kompetensi intervensi atau;
  • Dirujuk ke dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular untuk tindakan operasi.

 

Dokter spesialis jantung dengan kompetensi intervensi merupakan spesialis jantung yang dapat melakukan prosedur pada jantung menggunakan metode percutaneous atau metode mengakses jantung dengan menggunakan alat khusus yang disebut kateter.