Manfaat Bawang Merah

bawang-merah

Bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan ramuan bawang merah:

1. Menyembuhkan sembelit

Serat yang dikandung bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika Anda menderita sembelit, jangan segan untuk makan bawang merah mentah.

2. Masalah pendarahan

Bawang merah merupakan salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan hemoroid atau wasir. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati pendarahan di hidung. Caranya cukup mudah kok. Iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan.

3. Mengontrol diabetes

Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi, jika Anda menderita diabetes, perbanyak konsumsi salad bawang secara teratur.

4. Melindungi jantung

Konsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Makanan ini juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Makanan herbal ini dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

6. Mencegah kanker

Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa belerang. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih lho.