Ciri-ciri Gejala Awal Orang Terkena Sakit Ginjal

Ciri Awal Sakit Ginjal

Penyakit ginjal akan semakin kronis jika di biarkan saja, karena fungsi dari ginjal akan semakin terganggu. Maka dari itu pencegahan diri dengan mengetahui ciri-ciri atau gejala awal yang terjadi merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Gejala apapun yang terjadi pada tubuh kita jangan dianggap remeh, biasanya gejala penyakit ini timbul dari gaya hidup yang kurang jalani. Pada penyakit ginjal pada umumnya akan terlihat ketika penyakit sang penderita atau orang yang terkena penyakit ginjal sudah memasuki fase yang parah.

Ciri-ciri Gejala Awal Sakit Ginjal

Jika kita mengetahui lebih awal tentang penyakit ginjal yang menyerang tubuh kemungkinan penyembuhan dapat dilakukan lebih awal. Pada penderita diabetes ternyata dari stastisik hasil menunjukan bahwa sekitar 40 % dari mereka mengembangkan penyakit ginjal kronis. Menurut kita dapat mengetahui gejala-gejala awal pada orang yang menderita sakit ginjal dengan ciri-ciri di bawah ini.

Berkurangnya nafsu makan dan juga penurunan berat badan

Makanan merupakan unsur yang terpenting bagi manusia agar dapat melakukan aktifitas dengan baik namun banyak orang yang melupakan makan karena berbagai macam kesibukan sehari-hari, sehingga nafsu makan berkurang. Inilah yang menjadi salah satu gejala awal yang membuat penyakit gejala darang kedalam tubuh.

Membengkaknya kaki, pergelangan kaki dan tangan

Ketika ginjal rusak maka ginjal tidak akan mampu melakukan fungsinya seoerti biasa karena seharusnya fungsi dari ginjal ini adalah sebagai penghilang cairan yang tidak diperlukan di tubuh atau hasil eksresi namun ketika ginjal tidak mampu melaksanakan fungsinya dengan baik maka cairan yang tidak diperlukan dalam tubuh tersebut akan membangun ruang di dalam tubuh yang pada akhirnya timbul pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti wajah, tangan ataupun pada bagian kaki karena meningkatnya air.

Kelelahan dan juga Sesak napas

Ciri penyakit ginjal selanjutnya adalah rasa kelelahan dan juga sesak napas yang datang pada penderita. Dengan berkurangnya fungsi ginjal dalam tubuh maka ginjal yang menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin, akan bekerja kurang maksimal. Hormon eritropoitetin adalah hormon yang membantu ketika membawa oksigen sel darah merah atau trombosit keseluruhan bagian tubuh.