Manfaat vitamin D

1. Membantu Pembentukan Tulang
Untuk pembentukan tulang tidak hanya vitamin D yang berperan tetapi vitamin C juga dapat membantu pembentukan tulang. Manfaat khusus vitamin D adalah membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh agar ada dalam darah lalu diendapkan saat proses pengerasan tulang. Pengerasan tulang ini terjadi pada tulang kalsitriol dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang masuk ke dalam darah.

2. Untuk Kulit
Walaupun tubuh dapat memproduksi vitamin D, tetap kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin D juga

seperti ikan, telur, atau margarin. Yang bermanfaat membuat kulit lebih sehat. Vitamin D2 dan D3 bermanfaat untuk mencegah gangguan kulit psoriasis, memcegah infperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan meremajakan kulit.

3. Meningkatkan Sistim Imun dalam Tubuh
Tidak hanya berfungsi untuk tulang, vitamin D juga berfungsi untuk meningkatkan sistem  kekebalan tubuh. Selain itu vitamin D bermanfaat juga untuk membunuh bkteri dan virus dalam tubuh kita. Mau tau caranya? Sel pembunuh dari sistem imun ini dinamakan Sel T. Apabila tubuh anda kekurangan vitamin D makan sel T tidak akan bekerja dengan maksimal dalam melawan bakteri dan virus. Oleh karena itu untuk dapat menjaga kekebalan tubuh diperlukan asupan vitamin D yang cukup.

4. Membunuh virus dan bakteri
Vitamin D selain sebagai sistim imun tubuh juga bermanfaat sebagai pembunuh bakteri dan virus. Walaupun secara khusus, vitamin D mampu menghancurkan beragam virus seperti virus influenza.

5. Mencegah Kanker Kolon dan Kanker prostat
Menurut penelitian dengan mengkonsumsi vitamin D secara rutin dapat menghambat penggandaan sel kanker. Semakin banyak vitamin D yang di konsumsi dan semakin banyak yang meresap dalam darah maka akan semakin rendah pula terjadinya kanker kolon.

6. Memperlambat Pertumbuhan berat badan pada wanita Menopause
Ternyata pada kasus wanita yang sudah mengalami menopause sering mengalamai penambahan berat badan terutama di daerah pinggang yang akan lebih banyak lemak. Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium lebih banyak. Sehingga tulang tidak cepat keropos dan memperlambat penambahan berat badan.