Memelihara Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ vital dan kesehtan ginjal sangat penting. berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Secara umum kebutuhan air adalah sekitar 2
    liter. Apabila diasumsikan buah, sayur, sup, dan lain-lain, menyumbangkan 500
    ml air, maka kebutuhan minum air adalah sekitar 1,5 liter. Tentu, kebutuhan
    ini bersifat relatif tergantung aktivitas seseorang. Bila banyak berkeringat
    tentu kebutuhan air meningkat.
  2. Mengonsumsi makanan yang sehat. Makan makanan yang sehat, misal denganmemperbanyak buah dan sayur, akan memelihara kesehatan ginjal. Hindari makanterlalu banyak lemak dan makanan yang mengandung purin (jerohan). Lemak tidakjenuh akan menimbulkan penebalan pembuluh darah, yang ujungnya menyebabkanhipertensi. Makanan banyak mengandung purin akan meningkatkan asam urat, yangbisa mengganggu fungsi ginjal.
  3. Lakukan olah raga teratur. Olah raga teratur akan mempertahankanberat badan ideal dan menurunkan tekanan darah. Dengan berat badan ideal dantensi yang normal akan menyehatkan ginjal.
  4. Hati-hati dengan suplemen dan jamu yang mengandung bahan kimia obat.Beberapa suplemen mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino yang tinggitentu akan membebani ginjal. Konsumsilah suplemen sesuai dengan aturan pakaiyang tertera pada kemasan. Jamu yang dicampuri dengan bahan kimia obat jugaberbahaya untuk kesehatan ginjal. Bahan kimia obat yang dicampurkan seringtidak jelas dosisnya. Dan, tindakan semacam ini melanggar aturan Badan POM.
  5. Berhentilah merokok. Zat-zat toksik dalam rokok dapat merusak pembuluh darah, yang ujungnya dapat menyebabkan hipertensi. Naiknya tekanandarah dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. Itulah sebabnya,hipertensi merupakan faktor risiko terjadinya PGK.
  6. Jangan terlalu berlebihan konsumsi obat penghilang rasa nyeri.Konsumsi obat penghilang rasa nyeri (NSAID) yang terus menerus dalam jangkalama bisa merusak ginjal (nephrotoksik). Sebaiknya penggunaan NSAID yang lamaharus berkonsultasi dengan dokter.

Masyarakat luas harus mendapatkan pemahaman yang utuh dan holistik terkait dengan berbagai upaya pencegahan untuk mempertahankan ginjal tetap sehat. Adagium bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah sangat tepat untuk mempertahankan kesehatan ginjal. Teknologi kedokteran memang selalu teknologi sering kali beriringan dengan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Dalam hal ini termasuk teknologi hemodialisis (cuci darah). Semoga masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Tanggal akses : 2021

Sumber : Memelihara Ginjal Tetap Sehat
Oleh Siswanto

https://dinkes.lampungprov.go.id/memelihara-ginjal-tetap-sehat/?print=pdf