OSTEOPOROSIS

Oleh Hidayat

‘Kesaksian’ dan ‘Kesehatan’, mudah2an bermanfaat bagi semuanya…

Saat aku membawa mami (saat itu beliau berumur 82 tahun) ikut denganku ke Bandung, 2 hari kemudian, kulihat mami jalannya agak bungkuk, ketika kutanya, mami masih bilang “gak apa2”.. Seminggu kemudian kutanya lagi (karena kulihat semakin tidak wajar), mami baru mengatakan terasa sakit di punggungnya..
Aku bawa mami ke dokter internis tulang. Dirujuk untuk di-scan di rumah sakit; hasilnya ternyata ruas ke-5 tulang belakang ada yang ‘melesak/amblas’; ada 2 pilihan, kata dokter: dioperasi (tapi dokter tidak menyarankan, 40 : 60 karena faktor usia) atau diinfus dan terapi untuk memperkuat jaringan tulang..

Seminggu 2 x diinfus dan terapi (biayanya mahal bagiku, terutama infusnya). Sebulan treatment ini, bukannya membaik tapi malah memburuk, sampai mami bilang: “Gak mau lagi di-treatment”, karena dia menyadari akan sangat memberatkan aku dan anak/istriku, sedangkan untuk recovery-nya tidak ada kepastian..Wah stres berat aku merasakan ini..

Aku coba ganti dokter. Hasilnya dikatakan memang sulit, karena sudah umur dan osteoporosis yang sudah agak akut + ada syaraf yang terkena, paling diberi vitamin dan obat penahan rasa nyeri…

Setelah 2 minggu, semakin parah. Mamiku bilang terasa sakit juga di pahanya, sehingga tidak kuat untuk berjalan.. Semakin stres kurasakan… Hanyalah BERDOA yang dapat kulakukan..

Seminggu kemudian mami bilang, ingin mencoba tips kesehatan yang KEBETULAN dibacanya pada sisipan artikel kecil (hanya 4 baris) di salah 1 buku renungan itu; isinya tips kesehatan yang berkaitan dengan osteoporosis…

Tipsnya : “Rebuslah 7 lembar daun salam + 1 buah bawang bombay yang di-iris2, yang airnya dari 2 gelas direbusnya menjadi tinggal 1 gelas. Air rebusannya diminum setiap hari. (Daun salam+irisan bawang bombaynya tidak ikut diminum)”

Dan apa yang terjadi?

3 hari setelahnya mami sudah dapat berjalan lagi. Seminggu kemudian berjalannya sudah cepat dan rasa sakitnya baik di paha maupun di punggung jadi hilang…

Sejak itu mami minum terus racikan tersebut, bahkan setiap pagi mami (sekarang 88 tahun) lakukan treadmill yang injakan kaki naik-turun itu, rutin sampai dengan sekarang…

“Sungguh LUAR BIASA . Dan sejak itu, aku sendiri juga ikut meminumnya, dan kira2 sebulan kemudian, sakit “boyokku”atau nyeri pinggang/ nyeri punggung bawah (kalau bangun tidur sakit sekali) dan pergelangan kaki yang sering terasa seperti terkilir dan kalau berjalan juga terasa ‘berat’ itu semua hilang rasa sakitnya, bahkan sampai dengan sekarang lari keliling kompleks juga masih OK..

Semoga tips ini menjadi inspirasi sahabat untuk hidup lebih sehat dengan cara yang sederhana dan terjangkau…

Comments are closed.